kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPU: Seluruh kotak suara memiliki spesifikasi sama


Jumat, 01 Februari 2019 / 16:35 WIB
KPU: Seluruh kotak suara memiliki spesifikasi sama


Reporter: TribunNews | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawaslu Jabar temukan kondisi kotak suara di gudang penyimpanan punya kondisi kelembaban yang berbeda-beda. Menanggapi itu, Ketua KPU RI Arief Budiman mengaku sebelum di produksi, dan didistrubusikan, kotak suara pemilu 2019, spesifikasinya sudah penuhi standar sebagaimana fungsinya.

"Yang jelas kotak suara itu sebelum dipoduksi spesifikasinya sudah dicek, sudah diperhitungkan bahwa dia akan mampu menjalankan fungsi sebagai kotak suara, jadi bukan sebagai barang angkut lain-lain, tapi menjalankan fungsi sebagai kotak suara," kata Arief di KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (1/2).

Arief tidak heran dengan adanya perbedaan kondisi kelembaban tersebut. Sebab beberapa daerah akhir-akhir ini juga mengalami bencana alam seperti hujan lebat dan banjir. "Kalau ternyata di beberapa tempat ada bencana alam kayak banjir, ya tentu kondisinya sudah berubah," imbuhnya.

Lebih jauh Arief menjelaskan bahwa pihaknya siap untuk mengganti kotak suara yang rusak tersebut. "Kalau rusak ganti, kalau nggak rusak ya nggak usah diganti," jelasnya.

Arief kembali menegaskan bahwa seluruh peralatan penyelenggaraan pemilu punya spesifikasi yang sama persis dan diproduksi terpusat di KPU RI, semisal kotak suara, segel, dan bilik suara. Sementara pengadaan peralatan pendukung seperti pulpen, paku, alas coblos, produksinya diserahkan oleh penyelenggara pemilu di daerah.

"Kalau kami persilakan mereka produksi sendiri, nanti kualitasnya beda, surat suara standarnya sama. Segel, hologram standarnya sama diproduksi KPU RI," katanya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) temukan kotak suara dengan kondisi yang tak lagi layak pakai di Provinsi Jawa Barat. Kotak suara berbahan kardus itu tidak cukup kuat ketika diuji coba dengan diduduki. Sebab ketika kotak suara itu ditemukan, kondisinya dalam keadaan sedikit lembab.

Bawaslu RI mengingatkan kepada KPU RI untuk mengantisipasi kejadian seperti itu, dengan menyiapkan tempat penyimpanan kotak suara yang aman dari faktor cuaca. Supaya tak ada kerusakan sebelum di gunakan. (Danang Triatmojo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Tanggapi Temuan Bawaslu RI, KPU Sebut Seluruh Kotak Suara Punya Spesifikasi Sama"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×