kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,90   -18,32   -1.89%
  • EMAS923.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.35%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

KPU: Secara umum pelaksanaan Pilkada tahun 2020 baik dan lancar


Sabtu, 12 Desember 2020 / 20:03 WIB
KPU: Secara umum pelaksanaan Pilkada tahun 2020 baik dan lancar
ILUSTRASI. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - GRESIK. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman menyatakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 secara keseluruhan berjalan lancar dan sesuai harapan. 

"Secara umum pelaksanaan Pilkada dapat dinilai baik, lancar, kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan juga tinggi, sekitar 96 persen," ujar Arief di sela kunjungan ke Gresik, Jawa Timur, Sabtu (12/12/2020). 

Arief juga menyebut, antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilih pada Pilkada serentak kali ini juga cukup tinggi. Bahkan, ia optimistis tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020 kali ini akan sesuai harapan KPU sebesar 77,5 persen. 

Baca Juga: Sebanyak 11 TPS di Sumbar lakukan pemungutan suara ulang

Menurut Arief, KPU juga akan terus mengingatkan kepada semua pihak bahwa penerapan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan pada saat pemungutan suara. Namun juga pada tahapan-tahapan selanjutnya, guna mencegah penularan Covid-19. "Semua tahapan sudah kami susun sedemikian rupa, secara detail dan rinci. Kami juga tidak hanya membuat regulasi, tapi juga cara implementasinya," ucap dia. 

Arief berharap, semua pihak dapat menjaga dan menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Ia berharap, tidak terjadi klaster baru penularan virus corona selepas pelaksanaan Pilkada 2020 kali ini. Adapun, Pilkada serentak 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia. Pilkada meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penilaian Ketua KPU RI soal Kepatuhan Protokol Kesehatan Selama Pilkada"

Selanjutnya: Jokowi bentuk dinasti politik baru: Bapak Presiden, anak dan menantu walikota

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×