Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keyakinan konsumen meningkat pada akhir tahun 2022. Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2022 sebesar 119,9, atau naik dari 119,1 pada bulan sebelumnya.
Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, selain meningkat, ini juga berada di zona optimistis atau indeks di atas 100.
"Meningkatnya optimisme konsumen pada Desember 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini," tutur Erwin dalam laporannya, Senin (9/1).
Baca Juga: Dampak Pencabutan PPKM Tehadap Saham Emiten Properti dan Ritel
Ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat Ini yang tercatat 112,4 atau lebih tinggi dari 110,3 pada November 2022.
Sayangnya, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan nampak menurun. Terlihat dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang sebesar 127,3 atau lebih rendah dari 127,9 pada bulan sebelumnya.
Lebih lanjut, keyakinan konsumen terpantau meningkat pada hampir seluruh kategori pengeluaran responden.
Kenaikan tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.
Baca Juga: Banyak Katalis Positif, Simak Prospek Saham Barang Konsumsi
Sedangkan berdasarkan usia, IKK Desember 2022 tertinggi pada kelompok responden berusia 31 tahun hingga 40 tahun.
Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di Medan sebesar 13,6 poin, diikuti Mataram 11,9 poin, dan Banjarmasin naik 11 poin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News