kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua MPR Bambang Soesatyo puji keberhasilan pemerintah di bidang ekonomi


Minggu, 20 Oktober 2019 / 19:06 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo puji keberhasilan pemerintah di bidang ekonomi
ILUSTRASI. Joko Widodo dan Maruf Amin menandatangani berita acara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyingung pembangunan ekonomi dalam pidatonya saat membuka sidang paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/1).

Menurut Bambang, dalam lima tahun terakhir, telah banyak kemajuan dalam bidang ekonomi yang telah dicapai oleh Indonesia. kemajuan tersebut berhasil meningkatkan tarif hidup masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ketua MPR sebut kehadiran Megawati dan SBY buat Indonesia semakin indah

"Kita mencatat, saat pertumbuhan ekonomi negara-negara lain melambat, pertumbuhan ekonomi terakhir ini kecenderungannya terus mengalami peningkatan," tutur Bambang.

Dia pun menuturkan, terjadi penurunan penduduk miskin hingga 9,41% dari 2015 yang sebesar 11,22% di 2015. Tak hanya itu, angka pengangguran pun semakin bisa ditekan.

Kemajuan lainnya adalah pemerataan pembangunan semakin baik terlebih dengan semakin rendahnya rasio gini dan indeks pembangunan manusia yang meningkat.

Sementara, pembangunan infrastruktur mulai dirasakan manfaatnya, khususnya oleh masyarakat  di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal. Dia menyebut, saat ini infrastruktur yang dibangun telah mampu menghubungkan sentra produksi rakyat dengan pasar.

Baca Juga: Awali sambutan dalam pelantikan Jokowi, Bamsoet lempar pantun ke Prabowo-Sandi

Adanya dana yang ditransfer ke daerah dalam lima terakhir juga sudah menunjukkan manfaat bagi masyarakat.

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, dengan dana tersebut terjadi peningkatan pelayanan dasar publik dan pembangunan infrastruktur lainnya seperti pembangunan jalan, jembatan, ruang kelas hingga sarana dan prasarana kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×