kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua KPK Firli Bahuri ungkap 3 dari 7 buron KPK ada di luar negeri


Rabu, 10 Maret 2021 / 14:58 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri ungkap 3 dari 7 buron KPK ada di luar negeri


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan, tiga dari tujuh orang yang masuk dalam daftar pencarian orang ( DPO) KPK berada di luar negeri. 

Sementara itu, Firli tidak bisa memastikan keberadaan empat orang tersangka lain yang masuk DPO, apakah berada di wilayah Indonesia atau luar negeri. 

"Dari tujuh, itu kami pastikan kalau tiga orang itu ada di luar Pak, karena memiliki permanent residence di luar, tetapi kalau yang empat orang kami tidak bisa memastikan apakah masih di Indonesia atau di luar negeri," kata Firli dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR, Rabu (10/3/2021). 

Firli tidak menyebut siapa saja buron yang diduga di luar negeri dan mana yang keberadaannya belum diketahui. Firli pun enggan mengomentari soal kemungkinan para buron itu telah meninggal dunia di tengah pelarian mereka. 

Baca Juga: Inilah sejumlah jejak rekam prestasi Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Ia mengatakan, KPK membutuhkan sejumlah bukti untuk memastikan kabar adanya buron yang meninggal dunia. "Sampai hari ini belum ada kabar berita ada seseorang para DPO itu yang dikuburkan karena meninggal dunia, dan belum juga kita menemukan nisan di mana dia dimakamkan dan siapa yang memakamkan," ujar Firli. 

Adapun hal itu disampaikan Firli menjawab pertanyaan yang diajukan anggota Komisi III DPR Fraksi PAN Sarifuddin Suding yang mempertanyakan keberadaan para buronan. 

"Dari tujuh DPO yang belum tertangkap ini, menurut dugaan KPK masih dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, masih hidup atau di mana Pak?" kata Sudding. 

Baca Juga: Sudah menyerahkan diri ke KPK, ini total kekayaan Mensos Juliari

Sudding pun mempertanyakan mengapa tujuh orang buron tersebut belum dapat ditangkap KPK. "Apakah ada kekuatan besar di baliknya sehingga sampai sekarang belum ditemukan ini orang ini," ujar dia. 

Adapun tujuh orang yang masuk dalam DPO KPK adalah Harun Masiku, Kirana Kotama, Sjamsul Nursalim, Itjih Nursalim, Izil Azhar, Suryadi Darmadi, dan Samin Tan.(Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Firli Bahuri Sebut 3 dari 7 Buron KPK Ada di Luar Negeri

Selanjutnya: KPK memeriksa dua saksi terkait suap dan gratifikasi Nurhadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×