kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala BKPM letakkan batu pertama investasi pembangunan arena pariwisata Banyuwangi


Jumat, 03 Januari 2020 / 15:03 WIB
Kepala BKPM letakkan batu pertama investasi pembangunan arena pariwisata Banyuwangi
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melakukan peletakan batu pertama pembangunan theme park di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (3/1/2019).


Reporter: Grace Olivia | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia secara resmi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan theme park dan water park di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (3/1/). 

Theme park dan water park tersebut berlokasi di Area Komersial Banyuwangi Residence dengan lahan seluas 5 hektare.  Arena pariwisata itu dibangun oleh PT Duta Insani Bangun Perkasa,  dengan nilai investasi sebesar Rp 150 miliar dan diproyeksi menyerap tenaga kerja lokal hingga 200 orang.

Baca Juga: Menakar investasi baru di 2020, dari tekstil hingga petrokimia

Dalam sambutannya, Bahlil mengatakan peletakan batu pertama tersebut merupakan peristiwa penting dalam perkembangan pariwisata dan investasi di Indonesia. 

"Acara ini bukti bahwa industri pariwisata terus bergeliat di Indonesia, di mana pariwisata merupakan industri yang menyerap banyak tenaga kerja. Kita membutuhkan investasi yang cukup besar di tengah ketidakstabilan ekonomi dunia,” kata Bahlil seperti dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (3/1). 

Bahlil turut memberikan apresiasi kepada perusahaan atas partisipasinya dalam mengembangkan industri pariwisata di Indonesia sehingga dapat membantu pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan yang besar.

Baca Juga: Kuota BBM bersubsidi jebol, begini respons Kementerian Keuangan

“Kami akan mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan realisasi investasinya. Kami juga akan terus mendorong semakin banyak investasi berkualitas masuk dan terealisasi di Indonesia, investasi yang mampu mendukung perkembangan industri nasional dan menciptakan banyak kesempatan kerja,“ sambung Bahlil.

Menurut Bahlil, theme park dan water park Banyuwangi ini bisa menjadi alternatif baru untuk menghabiskan liburan di Banyuwangi. Selain itu, akan melengkapi kekayaan destinasi wisata yang dimiliki Jawa Timur. 

Dalam kunjungan ini, Kepala BKPM didampingi oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi I Made Cahyana Negara. Delegasi BKPM disambut oleh Enggartiasto Lukita, Direktur Duta Insani Bangun Perkasa Rio Imam Sendjojo, dan Direktur Jatim Park 3 Suryo Widodo.

Baca Juga: Pertamina terus mengoptimalkan investasi dari sisi hulu maupun hilir

Kabupaten Banyuwangi telah ditetapkan sebagai prioritas pengembangan wilayah provinsi Jawa Timur melalui Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019. 

Banyuwangi menempati peringkat ke-9 sebagai daerah tujuan investasi PMA dan PMDN terbesar di provinsi Jawa Timur dengan nilai total Rp. 8.277,7 miliar, 192 proyek, dan menyerap 8.303 tenaga kerja lokal untuk periode tahun 2014 hingga September 2019

Ke depan, dengan dibangunnya theme park dan water park Banyuwangi tersebut, Bahlil optimis peringkat Banyuwangi sebagai tujuan investasi akan terus meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×