kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kepala BIN mengaku intel sudah pantau pergerakan pelaku penusukan Wiranto


Kamis, 10 Oktober 2019 / 19:38 WIB

Kepala BIN mengaku intel sudah pantau pergerakan pelaku penusukan Wiranto
ILUSTRASI. Menko Polhukam Wiranto (kedua kiri) diserang orang tak dikenal dalam kunjungannya di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). ANTARA FOTO/Dok Polres Pandeglang/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan intelijen Negara Budi Gunawan memastikan pelaku penusukan Menko Polhukam Wiranto tergabung dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

Mantan Wakapolri ini menjelaskan, BIN telah memantau pergerakan kelompok ini. 

Baca Juga: Wiranto ditusuk, Jokowi minta pengamanan untuk pejabat negara lebih baik

"Ini sudah pasti dari kelompok jaringan JAD, khususnya jaringan JAD Bekasi. Kita sudah pantau khusus pelaku ini tiga bulan yang lalu kan pindah dari Kediri ke Bogor, kemudian dari bogor pindah ke Menes (Banten)," ucap Budi saat keluar dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10). 

Budi mengatakan, jaringan JAD banyak tumbuh di tengah masyarakat. Untuk itu, dia berharap masyarakat ikut mengawasi perkembangan jaringan tersebut. 

"Memang sel-sel seperti ini cukup banyak sehingga kami mengimbau agar masyarakat tidak ikut dan turut memantau mengawasi sel-sel seperti ini," ucap dia. 

Wiranto ditusuk saat tiba di Alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang usai menghadiri sebuah acara di Universitas Mathla'ul Anwar. 

Baca Juga: Wiranto ditusuk, BIN mengaku akan lebih banyak mendegar dan waspada

Menurut polisi, Wiranto menderita luka di tubuh bagian depan. Polisi mengamankan dua pelaku yang terdiri dari satu perempuan dan satu laki-laki. 

Keduanya berinisial SA dan FA. Polisi menyebut pelaku terpapar radikalisme ISIS dan tengah mendalami kaitannya dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). (Walda Marison)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kepala BIN Mengaku Intel Sudah Pantau Pergerakan Pelaku Penusukan Wiranto"


Sumber : Kompas.com
Editor: Tendi

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×