kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kementerian PUPR selesaikan penataan kawasan olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru


Minggu, 29 Agustus 2021 / 14:14 WIB
Kementerian PUPR selesaikan penataan kawasan olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru
ILUSTRASI. Kementerian PUPR juga menata kawasan untuk mendukung pelaksanaan PON XX.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain membangun venue olahraga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menata kawasan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua. Penataan dilakukan di kawasan pembangunan venue Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu. 

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo menyampaikan, pengelolaan infrastruktur PON Papua yang telah selesai dibangun akan lebih baik apabila melibatkan para pemuda Papua. Dimana mereka merupakan generasi penerus yang akan mewarisi infrastruktur yang sudah dibangun.

"Aset dengan nilai investasi yang sangat mahal harus bisa dimanfaatkan dan dikelola oleh pemuda Papua demi mengukir prestasi olahraga nasional di Timur Indonesia," kata Wempi dalam keterangan resmi, Minggu (29/8).

Baca Juga: Kementerian PUPR: Konstruksi tiga venue tambahan PON XX Papua selesai 100%

Penataan kawasan olahraga Kampung Harapan seluas 28,7 hektare mulai dilaksanakan sejak Januari 2020 dengan kontraktor PT PP Tbk. Selain itu, dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti lapangan latihan/pemanasan, zona aman stadion, dan area parkir berkapasitas 123 unit bus, 1.059 unit mobil, dan 678 unit kendaraan.

Sementara untuk penataan kawasan Doyo Baru sudah mulai dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Cahaya Bina Karya sejak kontrak per 4 Desember 2019. Sama dengan kawasan olahraga Kampung Harapan, di kawasan Doyo Baru juga dilakukan penataan di antaranya jalan penghubung antar-venue, area parkir, ruang terbuka hijau, pedestrian, area aman setiap venue, dan lansekap.

Selain penataan kawasan olahraga, Kementerian PUPR juga sudah menyelesaikan paket pekerjaan pembangunan drainase dan sistem sanitasi.

Baca Juga: Pemprov Papua resmi tutup pelabuhan dan perketat bandara

Nilai kontrak pembangunan drainase sebesar Rp 4,8 miliar sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengendalian banjir untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan penghubung dan arena olahraga. Adapun untuk sistem sanitasi anggarannya Rp 6,3 miliar berupa pembangunan toilet permanen dan toilet mobile serta kendaraan tinja.

Saat ini progres seluruh pekerjaan penataan kawasan telah selesai 100% dan siap mendukung pelaksanaan PON Papua yang rencananya akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Total biaya penataan sebesar Rp 211,7 miliar bersumber dari APBN yang di antaranya digunakan untuk pembangunan jalan penghubung antar-venue, area parkir, ruang terbuka hijau, pedestrian, dan lansekap.

Baca Juga: Pemerintah masih bahas aturan penonton PON Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×