kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian BUMN mulai menemukan kaitan kasus Jiwasraya dan Asabri


Rabu, 15 Januari 2020 / 18:13 WIB
Kementerian BUMN mulai menemukan kaitan kasus Jiwasraya dan Asabri
ILUSTRASI. Logo ASABRI

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirdjoatmodjo mengatakan ada kaitan erat dalam kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) dan  PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). 

Hal tersebut berdasarkan hasil tinjauan Kementerian BUMN terhadap hasil audit  terhadap keuangan Asabri oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Baca Juga: Kementerian BUMN siapkan langkah menindak kasus Asabri

“Kami tadi mereview dengan BPKP dan Komisaris Asabri […] Memang saham-saham yang ada di Asabri mirip-mirip dengan saham-saham di Jiwasraya. Jadi memang kami melihat ada semacam hubungan permainan saham di Asabri dan Jiwasraya,” tutur Kartika, Rabu (15/1). 

Kartika juga mengatakan, hasil audit menunjukkan bahwa terdapat penurunan nilai saham dan reksadana yang signifikan pada portofolio investasi Asabri, serupa kasus pada Jiwasraya. 

Baca Juga: Kementerian BUMN fokus selesaikan restrukturisasi Jiwasraya di kuartal I-2020

Menyusul tinjauan terhadap hasil audit Asabri oleh BPKP tersebut, Kartika mengatakan, pemerintah akan mulai menentukan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan atas kasus dugaan kasus korupsi Asabri tersebut. 

“Kita akan lihat pihak-pihak yang bertanggung jawab dan pada saatnya akan kita umumkan sanksi dan prosesnya seperti apa,” lanjut dia. 




TERBARU

Close [X]
×