kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45883,06   -37,05   -4.03%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Kemendes PDTT sebut sejumlah desa telah cairkan BLT dana desa


Minggu, 26 April 2020 / 19:45 WIB
Kemendes PDTT sebut sejumlah desa telah cairkan BLT dana desa
ILUSTRASI. Ilustrasi BLT.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah dicairkan di berbagai desa.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta menyebut ada desa yang penyalurannya secara tunai. Contohnya seperti Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dimana BLT Dana Desayang disalurkan sebesar Rp 600.000 per keluarga. Pada bulan pertama, BLT dana desa tersebut disalurkan kepada 60 keluarga miskin.

Baca Juga: Bantuan langsung tunai kini segera mengalir ke desa-desa

"Karena desa ini berada di pulau tersendiri dan jauh dari akses perbankan, maka pembayaran dilaksanakan secara tunai," ujar Ivanovich dalam keterangan tertulis, Minggu (26/4).

Dia juga menyebut ada Desa Cangkuang di Jawa Barat yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa. Dia menyebut ada Rp 460 juga yang disalurkan kepada 259 keluarga miskin senilai Rp 600.000 per keluarga di bulan pertama.

Tak hanya itu, desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe pun telah mencairkan BLT Dana Desa untuk 33 keluarga miskin pada Jumat (24/4). Menurut catatan Kemendes PDTT, pencairan BLT Dana Desa pun akan dilakukan salah satu desa lagi di kabupaten yang sama pada Senin (27/4).

Selanjutnya, desa Bawangan dan Desa Kebonagung di Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pun sudah menyalurkan BLT Dana Desa pada Kamis (23/4). 

Bila ditotal, BLT Dana Desa telah disalurkan di 224 keluarga di kedua desa tersebut. Bila dirinci, sebanyak dana desa yang disalurkan Desa Bawangan sebesar Rp 205 juta untuk 114 keluarga miskin, sedangkan di Desa Kebonagung terdapat Rp 198 juta yang disalurkan untuk 110 keluarga miskin. Penyalurannya langsung dikirim ke rekening masing-masing penerima.

Kemendes PDTT mengatakan sudah ada beberapa desa yang terjadwal menyalurkan BLT dana desa, besok (27/4). Berapa desa tersebut ada di Kabupaten Bangka Barat, Bantul, Kulon Progo, Lumajang, Pamekasan, dan desa wilayah lainnya.

Baca Juga: Dana desa resmi diubah menjadi BLT untuk menanggulangi dampak corona di pedesaan

Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6/2020, prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan menjadi untuk Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. BLT Dana Desa berjumlah Rp 600 juta per keluarga miskin dimana BLT tersebut dibayarkan setiap bulan dimulai dari April hingga Juni 2020.

Diperkirakan sekitar Rp 22 triliun dana desa akan tersalur kepada 12 juta keluarga miskin di desa yang terdampak Covid-19 dimana penerimanya merupakan keluarga miskian yang belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×