kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ke Jokowi, tokoh adat minta 3 menteri dari Papua


Selasa, 16 September 2014 / 11:31 WIB
Ke Jokowi, tokoh adat minta 3 menteri dari Papua
ILUSTRASI. Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Sebanyak 16 orang perwakilan tokoh adat masyarakat Papua bertemu presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota, Jakarta, Selasa (16/9). Mereka meminta Jokowi menempatkan tiga orang asal Papua dalam kabinetnya mendatang.

"Papua adalah bagian dari Indonesia juga, tapi kenapa tidak ada orang hitam duduk di sana?. Mungkin sudah ada di pemerintahan Pak SBY, tapi itu kurang. Di pemerintahan Pak Jokowi, kami minta paling tidak tiga menteri" ujar Linda Pepuro, perwakilan tokoh adat Papua usai pertemuan.

Tiga menteri tersebut, kata Linda, harus duduk di beberapa pos kementerian yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Misalnya, menteri pekerjaan umum atau menteri pembangunan daerah tertinggal.

Permintaan tersebut, lanjut Linda, sangatlah beralasan. Menurut dia, kesejahteraan warga Papua jauh di bawah masyarakat daerah lain. Hal itu terjadi lantaran pemerintah kurang memperhatikan pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur. "Jika ada menteri asal Papua, paling tidak ada jaminan bahwa pemerintah memperhatikan Papua juga," lanjut dia.

Permintaan itu dimasukan ke dalam noken dan diberikan ke Jokowi saat bertemu secara langsung. Selain itu, ada permintaan lainnya, misalnya, mengingatkan Jokowi untuk membangun fasilitas pendidikan dan kesehatan di Papua dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan tokoh adat Papua memberikan topi burung cendrawasih kepada Jokowi sebagai kenang-kenangan. Saat Jokowi mengantar mereka keluar ruangan, Jokowi memakainya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, 16 kementerian dalam pemerintahannya akan diisi figur menteri profesional dari partai politik. Sebanyak 18 kementerian lain diduduki figur menteri dari kalangan profesional murni.

Kementerian yang dipimpin figur menteri profesional murni antara lain menteri keuangan, menteri badan usaha milik negara, menteri energi dan sumber daya mineral, serta menteri pertanian.

Menurut Jokowi, pemerintahannya akan tetap mempertahankan tiga menteri koordinator. Namun, ia tidak menyebutkan secara rinci nama kementerian koordinator dan kementerian teknis lain.

Ia menambahkan, masih ada jabatan wakil menteri, terutama di Kementerian Luar Negeri. Adapun nama-nama kementerian akan diumumkan di lain waktu. (Fabian Januarius Kuwado)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×