kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Katulampa kembali siaga III, banjir siap melanda


Selasa, 07 Mei 2013 / 20:32 WIB
Katulampa kembali siaga III, banjir siap melanda


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Kepala Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Posko Dinas Pekerjaan Umum, Pintu Air Katulampa dalam keadaan Siaga III pada ketinggian 150 centimeter (cm). Kondisi tersebut, kata Sutopo, berlangsung sejak pukul 18.00 WIB.

"Namun pada pukul 19.00 WIB, ketinggian air dilaporkan menurun hingga level 110 cm, tapi masih di atas ambang batas siaga III yaitu 80 cm," kata Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima KONTAN pada Selasa (7/5).

Hal tersebut diperkirakan akan mengakibatkan banjir di permukiman penduduk pada Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Bukit Duri, Cawang dan Rawajati. Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI  telah memerintahkan seluruh jajaran BPBD dan mengoordinasikan Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) terkait, Walikota, Camat hingga Lurah untuk mempersiapkan lokasi evakuasi, logistik dan peralatan.

"BPBD juga mengimbau kepada para warga yang dilalui oleh Sungai Ciliwung agar waspada serta mempersiapkan segala sesuatunya karena akan datang banjir tersebut," lanjut Sutopo.

Sutopo merinci update peringatan dini Jabodetabek tanggal 7 Mei 2013, hasil pantauan citra radar cuaca hari ini pukul 18.30 WIB :

1. Terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir pukul 19.30 WIB di wilayah Bogor, Dermaga, Sawangan, Bojonggede, Cibinong, Depok, Margonda, Lenteng Agung, Pejaten, Cimanggis, Cibubur, Pasar Rebo, Pasar Minggu, Kalibata, Pancoran, Senayan, Fatmawati, Kemang, Sudirman, Pejompongan, Pondok Cabe, Pamulang, Ciputat, Bintaro, Kebayoran, Senayan, Lebak Bulus, Cilandak dan sekitarnya.

2. Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pkl. 21.00 WIB dan meluas ke wilayah Halim, Cililitan, Lubang buaya, Jati asih, Bantargebang, Bekasi, Cakung, Kalimalang, Duren sawit, Pondok gede, Klender, Rawamangun, Cipinang, Jatinegara, Kampung Melayu, Matraman, salemba, Gambir, Senen, Kemayoran, Cempaka putih dan sekitarnya.

3. Bila kondisi cuaca signifikan masih berlanjut, akan dilakukan update sebelum masa berlaku peringatan dini berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×