kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Ini Dua Vaksin yang Disediakan Gratis


Selasa, 19 Desember 2023 / 05:19 WIB
Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Ini Dua Vaksin yang Disediakan Gratis
ILUSTRASI. Di Indonesia, rata-rata kasus harian Covid-19 bertambah 35-40 kasus.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat diimbau untuk kembali waspada Covid-19. Pasalnya, sejak November 2023, kasus Covid-19 di sejumlah negara ASEAN dilaporkan mendaki. Tak terkecuali Indonesia. 

Melansir indonesia.go.id, di Indonesia, rata-rata kasus harian bertambah 35-40 kasus.

Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang per 6 Desember, dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5.

Imbauan vaksinasi Covid-19

Kementerian Kesehatan RI sangat merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 di tengah kasus akibat virus mutan yang kembali melonjak. 

Apalagi, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi. Baik perjalanan di dalam negeri maupun WNI yang mudik dari mancanegara.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik, Pemerintah Diminta Berikan Vaksinasi Gratis Hingga Tahun Depan

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. 

Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air.

“Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujar Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi dosis lengkap maupun booster bisa didapatkan secara gratis di puskesmas, rumah sakit atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Begini Respons Primaya Hospital (PRAY)

Cara mendapatkannya pun mudah, masyarakat hanya perlu menunjukkan KTP atau identitas lainnya kepada petugas vaksinasi.

Adapun, jenis vaksin yang dapat digunakan oleh masyarakat adalah vaksin buatan dalam negeri yakni Inavac dan Indovac. 

Keduanya telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM sehingga dipastikan aman, bermutu, dan berkhasiat.

Booster, atau vaksinasi lanjutan, untuk Covid-19 sudah pernah dilakukan di Indonesia pada 2022. Booster berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus corona penyebab Covid-19.

Dengan melakukan booster, tubuh diyakini bisa melawan virus tersebut lebih kuat. Karena itu, jika terpapar gejala yang diderita pasien lebih ringan bahkan beberapa tidak bergejala. Mencegah agar tidak banyak pasien terpapar corona dirawat di rumah sakit.

Maxi berpesan, meskipun sudah menjalani vaksinasi, masyarakat tetap perlu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat sakit, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun guna memberikan perlindungan optimal dari penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×