kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapolri Angkat Presiden KSPSI Jadi Staf Ahli, Ini Harapan Serikat Buruh


Kamis, 02 Mei 2024 / 09:38 WIB
Kapolri Angkat Presiden KSPSI Jadi Staf Ahli, Ini Harapan Serikat Buruh
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memaparkan capaian kinerja saat rilis akhir tahun Polri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/12/2023).


Reporter: Aurelia Lucretie | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapolri Jenderal Listyo Sigit membentuk Unit Khusus Tindak Pidana Ketenagakerjaan dan menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani menjadi staff ahli Kapolri di bidang ketenagakerjaan. 

"Teman-teman pimpinan konfederasi dan serikat menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi staf ahli Kapolri di bidang ketenagakerjaan. Saya ucapkan selamat dan ini kita harapkan tentunya menjadi hadiah spesial bagi teman-teman buruh," ucap Kapolri dalam peringatan May Day di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (1/5). 

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Silaban menyambut baik upaya Kapolri tersebut. 

Baca Juga: Andi Gani Diangkat Sebagai Staf Khusus Kapolri Bidang Ketenagakerjaan

"Sebenarnya sudah banyak institusi atau lembaga yang bisa menyelesaikan, tapi kita mau melihat apakah kehadiran perwakilan serikat buruh akan me-reduse konflik-konflik yang sudah berkepanjangan. Kami berharap kehadiran Andi di sana dapat membantu memperlancar penyelesaian masalah dan membangun hubungan industrial yang lebih baik," ujar Elly saat dihubungi Kontan, Kamis (2/5). 

Menurut Elly, adanya perwakilan serikat buruh di Polri dapat menjadi jembatan dalam menjalin hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan serta sebagai upaya baru dalam menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan.

"Saya kira dengan pembentukan-pembentukan lembaga penambah misalnya di luar serikat buruh, di luar pengawas ketenagakerjaan. Adanya penasihat di bidang ketenagakerjaan untuk Kapolri itu membuktikan bahwa memang yang ada sekarang tidak bisa kita harapkan untuk menyelesaikan (masalah-masalah ketenagakerjaan) itu," tegas Elly. 

Baca Juga: May Day 2024, Andi Gani Ditunjuk Sebagai Staf Khusus Kapolri Bidang Ketenagakerjaan

"Semoga (penunjukan staf khusus Kapolri) ini ada nilai positifnya, jangan membuat serikat buruh terlena dengan menunjuk perwakilan supaya seolah-olah kita bisa menganggap bahwa sekarang serikat buruh dirangkul," tambahnya.

Elly sendiri memandang upaya Kapolri tersebut sebagai hal yang positif, dia juga mengaku bahwa hubungan antara serikat buruh dengan kepolisian selama ini sudah baik, misanya ketika berdampingan dalam aksi-aksi demonstrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×