kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kandidat Capres 2024 Mulai Bermunculan, Pertumbuhan Ekonomi Jadi PR Bidang Ekonomi


Selasa, 25 April 2023 / 20:00 WIB
Kandidat Capres 2024 Mulai Bermunculan, Pertumbuhan Ekonomi Jadi PR Bidang Ekonomi


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para kandidat calon presiden 2024 mulai bermunculan. Sejauh ini terdapat dua nama yaitu Anies Baswedan merupakan calon yang diusung oleh partai NasDem dan Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP.

Executive Director Segara Research Institute Piter Abdullah menilai pertumbuhan ekonomi menjadi Pekerjaan Rumah (PR) di bidang ekonomi yang harus dituntaskan oleh bakal calon presiden berikutnya.

"PR di sektor ekonomi utamanya terkait pertumbuhan ekonomi tersebut," kata Piter pada Kontan.co.id, Selasa (25/4).

Baca Juga: Penanganan Kemiskinan Jadi Tantangan Bagi Bakal Capres Pemilu 2024

Untuk menjadi negara maju sebagaimana telah dicanangkan pada tahun 2045, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mampu tumbuh rata-rata di atas 6%.

Piter mengatakan saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi. Namun, kata Piter, pertumbuhan ekonomi mandek hanya di kisaran 5%.

"Pasti ada masalahnya seperti ketidakefisienan, kebocoran, dan sebagianya, itu harus diatasi oleh presiden berikutnya," ungkap Piter.

Meski begitu menurut Piter, baik Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak yang cukup berhasil dalam melakukan tugasnya sebelumnya. Dimana, Anies sebagai mantan gubernur dan menteri, sementara Ganjar sebagai anggota DPR dan menjadi gubernur.

Baca Juga: Bursa Capres 2024 Sengit, Kadin Indonesia Bakal Sodorkan Nama-Nama Menteri Kompeten

Selain melihat rekam jejaknya, ia menilai masyarakat juga perlu teliti pada program-program mereka di masa depan saat menjabat jadi Presiden.

"Kemampuan mereka mengoptimalkan semua SDM yang kita miliki. Termasuk, dalam melakukan inovasi terobosan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi diatas 6 persen," pungkas Piter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×