kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mencapai 5,2%-5,5% pada 2024


Kamis, 07 Desember 2023 / 14:31 WIB
Kadin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mencapai 5,2%-5,5% pada 2024
ILUSTRASI. Kadin memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 akan sebesar 5,2% hingga 5,5%. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 akan sebesar 5,2% hingga 5,5%.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, menyampaikan perkiraan tersebut sejalan dengan optimisme perekonomian Indonesia yang akan tumbuh lebih baik dengan peranan aktif Kadin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

“Pada tahun 2024 mendatang, perekonomian Indonesia diproyeksikan akan tumbuh pada kisaran 5,2% hingga 5,5%,” tutur Yukki menyampaikan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2023 dengan mengusung tema “Pemilu Damai, Ekonomi Tumbuh, Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis (7/12).

Baca Juga: Didorong Konsumsi dan Investasi, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksi di Level 5% Pada 2024

Yukki menambahkan, untuk mendukung target tersebut, Kadin Indonesia, sebagai mitra strategis pemerintah akan terus fokus melaksanakan program dan inisiatif prioritas yang sudah berlangsung sepanjang tahun 2023 dan akan diteruskan pada tahun 2024.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta Widjaja Kamdani, mengingatkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun politik dengan hasil Pemilu yang memengaruhi para pelaku usaha dalam menggenjot ekspansi bisnis dan investasi di Indonesia.

Menurutnya, dalam jangka pendek, Pemilu dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi seiring kecenderungan meningkatnya konsumsi masyarakat. Dalam jangka panjang, lanjutnya, dunia usaha mencermati dan berharap stabilitas politik untuk terlaksananya Pemilu yang damai.

“Kadin berkomitmen terhadap netralitas dalam Pemilu. Sebagai induk utama organisasi pengusaha di Indonesia, Kadin fokus dalam pertumbuhan ekonomi dan memastikan kondisi perekonomian yang stabil,” tegas Shinta.

Baca Juga: Pemerintah Menerbitkan Global Bond, Cadangan Devisa Naik 3,75%

Adapun sejalan dengan hasil Rapimnas, Kadin akan terus berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2024, dengan fokus pada empat pilar utama organisasi demi pencapaian Visi Indonesia Emas 2045.

Keempat pilar tersebut meliputi pilar kesehatan, pilar pembangunan ekonomi nasional dan daerah, pilar kewirausahaan dan kompetensi, serta pilar penguatan organisasi dan tata regulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×