kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin: Omzet UKM mulai menanjak selama puasa


Jumat, 19 Juli 2013 / 11:05 WIB
Kadin: Omzet UKM mulai menanjak selama puasa
ILUSTRASI. Paket DT24 Driver Thru 24 Jam dari KFC (dok/KFC)


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa, menyebut omzet UKM di sejumlah pusat-pusat bisnis dan perdagangan mulai menunjukan peningkatan selama Ramadhan. Kondisi ini disebabkan naiknya inflasi menjelang dan saat bulan puasa sebagai dampak kenaikkan harga bahan bakar minyak.

“Dibandingkan hari-hari normal sudah terjadi peningkatan omzet antara 50% bahkan sampai 200%. Harga-harga memang naik, tapi permintaan juga naik sebab bulan puasa. Ini berkah bagi UKM jadinya,” ujar Erwin di Jakarta, Jumat, (19/7).

Sektor UKM yang mencatatkan kenaikan tertinggi berasal dari sektor makanan dan minuman. Sebab, kenaikan omzet dari sektor ini cukup signifikan hingga 200%. Baru kemudian disusul oleh garmen dan sektor jasa perbaikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat (perbengkelan).

“Permintaan UKM konveksi juga mulai menanjak. Ini karena pesanan dari para pedagangan meningkat berarti dibandingkan hari-hari normal,” papar Erwin.

Menurut dia, jasa perbaikan kendaraan atau UKM otomotif  meningkat mengingat pemudik juga sedang mempersiapkan kendaraan mereka untuk melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing. Para pemudik tidak ingin antre di bengkel menjelang mudik.

Kadin memperkirakan, permintan jasa servis UKM otomotif akan meningkat tajam lagi mulai H-7 Lebaran. "Setelah Lebaran, omzet servis kendaraan ini juga tetap moncer sebab setelah dijajal selama mudik, banyak kendaraan yang butuh servis lagi," pungkasnya.

Erwin juga menegaskan bahwa yang terpenting bagi pelaku UKM adalah pasokan bahan baku tidak terganggu. “Yang dikhawatirkan hanya pada distribusinya, sebab ini musim hujan di beberapa daerah dan ada perbaikan jalan di beberapa wilayah menjelang mudik,” ujar Erwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×