kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,51   0,29   0.04%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kadin nilai imbal dagang di tengah pandemi menguntungkan tapi butuh waktu


Minggu, 26 Juli 2020 / 20:10 WIB
Kadin nilai imbal dagang di tengah pandemi menguntungkan tapi butuh waktu
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (29/4/2020). Untuk mengatasai dampak pandemi virus corona (COVID-19), Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 Tahun 2020 tentang Penataan dan Penyed

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mekanisme imbal dagang dalam transaksi antar negara dinilai memiliki keuntungan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani. Shinta bilang upaya imbal dagang bisa menghemat anggaran.

"Bisa membantu menjaga kestabilan nilai rupiah tanpa mengorbankan kinerja perdagangan nasional," ujar Shinta kepada Kontan.co.id, Minggu (26/7).

Baca Juga: Asing Belum Pede Berburu SBN, Mengapa Investor Domestik Malah Getol Belanja?

Meski begitu imbal dagang tak bisa memberi pengaruh besar secara langsung. Pasalnya untuk pengaruh besar, imbal dagang juga harus dengan nilai yang besar.

Sementara saat ini imbal dagang yang dilakukan pemerintah masih dengan nilai yang kecil. Oleh karena itu pengaruhnya pun tidak akan signifikan.

Namun, untuk mendorong imbal dagang yang besar diperlukan waktu. Keterlibatan pemerintah dinilai memperpanjang rantai pasok dalam proses imbal dagang.

"Perdagangan melalui mekanisme imbal dagang ini menempatkan pemerintah sebagai “third party” antara exportir nasional dengan buyer di luar negeri sehingga menambah panjang rantai perdagangan," terang Shinta.

Shinta bilang imbal dagang harus dilakukan secara transparan oleh pemerintah. Imbal dagang harus terbuka kepada seluruh pelaku usaha yang mau memanfaatkan.

Selain itu imbal dagang pun haru memiliki kejelasan mekanisme pengajuan dan proses yang sederhana. Agar tidak menjadi beban pada efisiensi biaya perdagangan.

Baca Juga: Wamendag: Pemberlakukan AHKFTA dapat dorong ekspor nasional

Imbal dagang yang terbuka pun tak bisa langsung dilakukan, perlu melalui tahap uji coba dengan skala kecol. Asal tahu saja, sebelumnya Kementerian perdagangan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertahanan untuk melakukan imbal dagang.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikam bahwa saat ini tengah dijajaki imbal dagang dengan sejumlah negara. Imbal dagang diyakini akan menguntungkan bagi Indonesia.

"Dengan skema imbal dagang, komoditi ekspor Indonesia dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional agar bisa semakin bergerak dan tumbuh," jelas Agus.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×