kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kadin: Jangan sampai karena urusan politik, investor kabur ke negara lain


Rabu, 26 Juni 2019 / 21:46 WIB
Kadin: Jangan sampai karena urusan politik, investor kabur ke negara lain

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil sengketa Pilpres 2019 sejumlah pihak khawatir adanya kericuhan bagi pihak-pihak yang tidak terima putusan sembilan hakim MK. Kendati demikian, para pengusaha berharap tidak terjadi kerusuhan seperti pada 22 Mei 2019 lalu.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Shinta Widjaja Kamdani berharap apa pun hasil keputusan MK besok, Kamis (27/6), kedua pihak baik 01 dan 02 dapat menahan para pendukungnya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat dan dunia usaha.


“Pada dasarnya kami tidak ada kekhawatiran, karena kami yakin pada kemampuan aparat keamanan dalam menjaga stabilitas keamanan agar tidak merugikan masyarakat umum dan pengusaha,” Kata Shinta.

Apalagi saat ini Indonesia sedang menarik investasi. Untuk itu, ia menyarankan jangan sampai karena sengketa pemilu, investor yang ingin masuk ke Indonesia kabur dan beralih ke negara lain.

Apalagi, kompetisi menarik investasi di ASEAN saat ini sangat kuat. Terutama Vietnam, Malaysia dan Thailand secara geografis, tenaga kerja terlatih, kebijakan ekonomi dan infrastruktur lebih menarik. Sedangkan di Indonesia, memiliki nilai berharga yang ada pada Sumber Daya Alam (SDA), namun jumlah tenaga kerja tidak terlatih masih tinggi.

“Oleh karena itu, kita harus memanage potensi konflik pemilu ini agar jangan sampai merugikan negeri kita,” harapnya.

Shinta juga meyakinkan bahwa pihaknya akan melihat hasil putusan yang sudah jelas dan apabila mengikuti hasil KPU maka tidak perlu wait and see lagi.




TERBARU

Close [X]
×