kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,76   16,42   1.74%
  • EMAS945.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kadin Bangun Dialog dengan Serikat Buruh untuk Membahas Kesejahteraan Buruh


Kamis, 13 Januari 2022 / 20:12 WIB
Kadin Bangun Dialog dengan Serikat Buruh untuk Membahas Kesejahteraan Buruh
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid bersama pengurus serikat pekerja usai mengadakan pertemuan di Jakarta, Kamis (13/1).

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggelar pertemuan dengan enam serikat buruh di Indonesia, pertemuan tersebut digelar untuk membicarakan kesejahteraan buruh di Indonesia.

Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa pembicaraan tidak hanya membicarakan mengenai upah minimum pekerja, tetapi juga membuat roadmap atau peta jalan untuk menyamakan kesejahteraan. "Melihat kesejahteraan bukan satu sisi saja tapi dimensinya banyak makanya kita bicara dan diskusikan, makanya kita bikin roadmap untuk menyamakan kesejahteraan ini," kata Arsjad dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/1). 

Menurutnya, pencapaian untuk kesejahteraan ini juga akan dibarengi dengan pendidikan vokasi yang lebih lanjut lagi, dan Arsjad menjelaskan bahwa hal ini akan tertuang dalam Rumah Ketenagakerjaan Nasional Kadin Indonesia.

Arsjad menjelaskan bahwa dari rumah tersebut akan menjadi solusi dalam perbedaan yang harus disatukan. “Di rumah ini kita bicara apa adanya dan mencari solusi karena perbedaan itu harus kita satukan. Kita sama semua sepakat bahwa keterbukaan komunikasi jadi kunci," jelas Arsjad.

Baca Juga: LPEM UI Proyeksikan inflasi Tahun Ini Sebesar 3%, Ini Faktor Penyebabnya

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nuwa Wea, di kesempatan tersebut juga mengungkapkan bahwa permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan tidak hanya bisa dilakukan melalui unjuk rasa, tetapi juga bisa dilakukan dengan dialog untuk membahas dan menyelesaikan masalah yang ada.

"Isu-isu ketenagakerjaan tidak hanya kita selesaikan dengan unjuk rasa besar-besaran. Tapi itu jadi jalan upaya terakhir, ketika saluran komunikasi sudah tersumbat, langkah unjuk rasa kita ambil," ungkap Andi.

Selain itu, Wakil Ketua Umum bidang Ketenagakerjaan Kadin Indonesia, Adi Mahfudz Wuhadji menjelaskan bahwa nantinya rumah ketenagakerjaan ini akan menjadi sinkronisasi antara pengusaha dan buruh.

Ia juga menuturkan mengenai masalah roadmap ini, bahwa ke depan, akan dibangun persepsi yang sama antara pengusaha dan buruh. “Akan kita bangun jadi persepsinya pengusaha kaya apa, versinya pekerja atau buruh tuh kaya apa itu kita harmonisasikan kita sinkronisasi segala macamnya baru kita sampaikan ke pemerintah," kata Adi.

Selanjutnya: BRI Targetkan Pendapatan Bisnis Remitansi pada Tahun 2022 Tumbuh 12%

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Belajar Lagi Mastering Leadership in Megatrends 2022

[X]
×