kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi yakin kalau 70% penduduk sudah divaksin, daya tular Covid-19 melambat


Jumat, 30 Juli 2021 / 14:05 WIB
Jokowi yakin kalau 70% penduduk sudah divaksin, daya tular Covid-19 melambat
ILUSTRASI. Presiden Jokowi yakin kalau 70% penduduk sudah divaksin, daya tular Covid-19 melambat.

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya menyelesaikan proses vaksinasi Covid-19 yang ditargetkan mencapai 70% dari total penduduk Indonesia pada akhir 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jika cakupan vaksinasi telah mencapai 70%, daya tular virus corona penyebab Covid-19 bisa diperlambat.

Sebab, dengan capaian itu kekebalan komunitas atau herd immunity sudah mulai terbentuk. "Kita masih berproses menuju pada vaksinasi 70% yang kita harapkan nanti akhir tahun ini bisa kita selesaikan Insya Allah," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan pada penyerahan banpres produktif untuk usaha mikro dan usaha kecil yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7).

Jokowi menambahkan, hingga saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum dapat memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan selesai. "Inilah memang penularan varian delta sangat cepat. Oleh karena itu, semua harus bekerja lebih keras lagi dan tahan banting," lanjutnya.

Baca Juga: Ini alasan Jokowi kenapa tidak memilih lockdown untuk cegah penyebaran Covid-19

Kata Jokowi, pemerintah selalu menjalankan penanganan sisi kesehatan. Namun, sisi ekonomi pun pelan-pelan harus dijalankan.

Atas dasar itu, Jokowi menegaskan, pemerintah tidak bisa mengambil opsi karantina wilayah atau lockdown dalam menekan penularan Covid-19.

"Kemarin PPKM darurat kan semi lockdown. Itu masih semi saja saya masuk kampung, saya masuk ke daerah semuanya menjerit untuk dibuka," ungkap Jokowi.

Kalau lockdown, kata Jokowi, juga belum bisa menjamin dengan lockdown permasalahan bisa selesai.

Sementara itu, pemerintah melaporkan hingga 29 Juli 2021 pukul 12.00 WIB, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 19.669.222 orang atau 9,44%.

Sementara jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 46.289.942 orang atau 22,23%.

Adapun masyarakat yang divaksin yakni dari kalangan tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia, masyarakat rentan, masyarakat umum dan anak usia 12-17 tahun.

Data ini disampaikan Kemenkes melalui laman www.kemkes.go.id yang dikutip Kompas.com, Kamis. Hingga saat ini, pemerintah menargetkan 208.265.720 orang yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah kucurkan Rp 15,3 triliun untuk banpres produktif usaha mikro

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Krisiandi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kalau Vaksinasi Sudah 70 Persen, Daya Tular Virus Corona Agak Melambat".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×