kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Titahkan Menag Cari Alternatif Bantuan Lain untuk Palestina


Selasa, 07 November 2023 / 03:58 WIB
Jokowi Titahkan Menag Cari Alternatif Bantuan Lain untuk Palestina
ILUSTRASI. Jokowi meminta Menag mencari alternatif bantuan lain untuk mendukung Palestina. Tribunnews/Jeprima


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia sudah menegaskan berdiri bersama Palestina. Terkait dengan hal tersebut, Indonesia sudah mengirimkan bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia ke Palestina pada Sabtu (4/11/2023). 

Selain itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk terus menyuarakan dukungan terhadap Palestina. 

Melansir Infopublik.id, Jokowi meminta Menag mencari alternatif bantuan lain untuk mendukung Palestina. 

"Presiden menyampaikan bahwa supaya terus menyuarakan keprihatinan terhadap situasi di Israel dan Palestina. Pemerintah jelas berada di pihak Palestina,” terang Menag Yaqut usai memenuhi panggilan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Dia menambahkan, bukan hanya menyuarakan, Jokowi ingin ada hal konkret yang bisa dilakukan selain bantuan yang telah disalurkan kepada warga Palestina. 

"Nanti akan ada lagi tahap berikutnya. Nah kami sebagai Kementerian Agama, kami juga diminta mencari alternatif lain, misalnya apa dalam bentuk penggalangan solidaritas umat,” sambung Menag.

Baca Juga: Mengapa Pertumbuhan Ekonomi di Era Jokowi Sulit Tembus 6%?

Menag menyampaikan, sebagai tindak lanjut perintah Presiden tersebut, ia juga akan membahas upaya bersama dengan menteri agama dari negara lainnya.

“Saya tanggal 15 November nanti akan bertemu dengan beberapa menteri agama di Singapura untuk membahas soal ini (Palestina). Ada Menteri Agama dari Brunei, Malaysia, dan Singapura,” kata Menag.

Bantuan sudah tiba di Mesir

Mengutip laman Setkab.go.id, bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia untuk Palestina tiba di El Arish, Mesir, Senin (06/11/2023).

Bantuan dengan total berat 51,5 ton tersebut diangkut menggunakan dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330 dan dikirim melalui dua rute penerbangan berbeda. Pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 menempuh rute penerbangan Jakarta – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (Persatuan Emirat Arab) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

Pesawat Hercules pertama mendarat di Bandara El Arish sekitar pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 13.30 WIB, lalu disusul pesawat kedua beberapa waktu kemudian.

Baca Juga: Pemilu 2024, Jokowi: Saya Melihat Akhir-Akhir Ini Terlalu Banyak Drakornya

Bantuan tersebut kemudian diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Nugraha Mansury yang mewakili pemerintah RI kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir. Wamenlu berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas solidaritasnya kepada masyarakat Palestina.

Pada pengiriman tahap pertama bantuan kemanusiaan ini, pemerintah mengirimkan berbagai barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat Palestina di Gaza. Bantuan antara lain berupa alat kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian hangat, hingga bahan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×