kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS1.004.000 1,31%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jokowi tinjau mangrove forest di Bali


Jumat, 08 Oktober 2021 / 13:30 WIB
Jokowi tinjau mangrove forest di Bali
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali, Jumat (08/10/2021).


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau mangrove forest di Bali yang telah dibangun sejak tahun 2003 lalu.

Mangrove forest merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove di Indonesia. Hal itu memadukan fungsi pendidikan, pariwisata, serta ekonomi masyarakat.

"Model rehabilitasi mangrove seperti inilah yang ingin kita replikasi, kita copy untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi yang lain," ujar Jokowi saat meninjau mangrove forest, Jumat (8/10).

Saat ini pemerintah memang tengah menggenjot rehabilitasi mangrove di wilayah pesisir. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan dan perubahan ilklim.

Baca Juga: Melihat lagi isi UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang sudah disahkan DPR

Mangrove dinilai efektif untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain itu, mangrove juga dapat digunakan untuk menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan.

"Kita harapkan nanti ada peningkatan dari baik produksi ikan dan hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," ungkap Jokowi.

Nantinya mangrove forest juga akan menjadi salah satu agenda dalam presidensi G20 mendatang. Jokowi bilang target rehabilitasi mangrove di Indonesia pada tahun ini sebanyak 34.000 hektare.

Baca Juga: Jokowi perintahkan Mentan Syahrul Limpo genjot produksi jagung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×