kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi targetkan 2 juta dosis vaksin dalam sehari mulai akhir Agustus 2021


Rabu, 18 Agustus 2021 / 10:01 WIB
Jokowi targetkan 2 juta dosis vaksin dalam sehari mulai akhir Agustus 2021


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target 2 juta dosis vaksin dalam sehari dimulai akhir Agustus 2021 mendatang.

Menurut Sigit, pada 1 Juli lalu, target pemerintah Indonesia soal satu hari satu juta vaksin telah terwujud. Saat ini, Presiden Jokowi memberikan target untuk melakukan satu hari dua juta dosis vaksin.

“Pak Presiden berikan target bahwa di akhir bulan nanti tembus di angka dua juta tentunya ini perlu ada langkah-langkah bagaimana agar angka dicanangkan ini bisa diwujudkan," kata Listyo kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Atas dasar itu, Sigit menyatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menggelorakan dan melakukan percepatan vaksinasi massal. Karenanya, menurut Sigit, TNI dan Polri juga bergerak untuk mendukung program pemerintah terkait dengan akselerasi vaksinasi.

“Berbagai macam strategi melaksanakan vaksinasi tentunya sudah kami lakukan mulai dari gerai vaksinasi, serbuan vaksinasi TNI-Polri, vaksinasi mobile untuk sentuh wilayah tak terjangkau, dan beberapa waktu lalu pada saat ide itu saya munculkan bagaimana lakukan percepatan,” papar Sigit.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali diperpanjang, Kemenhub: Aturan syarat transportasi tak berubah

Saat ini, Sigit bersyukur, target dari vaksinasi merdeka di DKI Jakarta telah mencapai 100 persen untuk vaksinasi dosis pertama. Bahkan, capaian itu sudah terjadi sejak tanggal 8 Agustus lalu.

Menurut Sigit, tercapainya target itu berkat adanya pengorganisasian dan kerja keras para relawan, Pemda serta elemen masyarakat yang sudah mau bahu-membahu mengejar target dari Pemerintah terkait vaksinasi. “Vaksinasi ini bisa dilaksanakan di level terbawah di tingkat RW, di 900 RW kalau tidak salah dibantu kekuatan 3 ribu lebih tim relawan. Sehingga kemudian capaian itu bisa tercapai,” ujar Sigit.

Meski begitu, Sigit menekankan, hal itu harus menjadi batu lompatan untuk mengejar target Pemerintah terkait terwujudnya Herd Immunity atau kekebalan kelompok masyarakat Indonesia sebesar 70 persen.

“Dan kegiatan ini tentunya saya perintahkan seluruh wilayah lakukan replikasi dan adopsi apa yang dilakukan Polda Metro Jaya. Sehingga vaksinasi Pemerintah pusat diperkuat TNI, Polri untuk mendukung percepatan vaksinasi di daerah provinsi maupun kabupaten bisa berjalan dengan baik dan percepatan dan hasilnya betul-betul dirasakan masyarakat,” tutur Sigit.

Meski capaian dosis pertama di DKI sudah 100 persen, Sigit menantang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk merampungkan 100 persen di dosis kedua.

“Tapi masih saya tantang akhir Agustus, awal September dosis kedua 100 persen saya serukan seluruh wilayah lakukan yang sama kita bahu membahu dan kerjasama. Kemenkes, TNI, Polri untuk dukung kegiatan seluruh wilayah di provinsi maupun kabupaten. Sehingga upaya target Pemerintah untuk membentuk Herd Immunity dengan wujudkan vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia bisa tercapai,” tegas Sigit.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kapolri Sebut Jokowi Pasang Target 2 Juta Dosis Vaksin Dalam Sehari Mulai Akhir Agustus"

Selanjutnya: Presiden Jokowi mencanangkan anggaran kesehatan sebesar 9,4% dari APBN 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×