kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Sambut Kedatangan Presiden Filipina Marcos Jr di Istana Bogor


Senin, 05 September 2022 / 11:15 WIB
Jokowi Sambut Kedatangan Presiden Filipina Marcos Jr di Istana Bogor
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait pelonggaran kebijakan penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (5/9/2022). Dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Ferdinand Marcos Jr beserta delegasinya tiba Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 09.58 WIB.

Mobil yang membawa Presiden Marcos Jr tampak disambut oleh pasukan berkuda, pasukan yang berpakaian daerah dan marching band saat memasuki gerbang Istana Bogor. Mobil kemudian rombongan ini menuju halaman Istana.

Sesampaimya di halaman Istana, Presiden Marcos Jr yang didampingi Ibu Negara Filipina Marie Louise Araneta Marcos turun dari mobil dan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo.

Baca Juga: Philippines' Marcos Visits Indonesia in First Overseas Trip as President

Presiden Marcos Jr tampak mengenakan kemeja berwana putih tulang berlengan panjang sementara istrinya mengenakan gaun panjang berwarna senada.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengenakan batik lengan panjang berwarna cokelat dan Ibu Iriana mengenakan kebaya dan kain batik cokelat. Usai berjabat tangan dan berbincang singkat, kedua pemimpin negara beserta istri masing-masing itu pun menyaksikan upacara penyambutan di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Upacara dilakukan dengan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara, tembakan meriam 21 kali dan inspeksi pasukan.

Setelah Setelah 64 Tahun Kemudian, kedua kepala negara saling memperkenalkan delegasi masing-masing. Dari Indonesia, delegasi yang mendampingi Presiden Jokowi adalah Menlu Retno Marsudi, Menkopolhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menparekraf Sandiaga Uno dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo.

Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Marcos Jr dan istri masuk ke Istana Bogor untuk melakukan foto bersama dan menandatangani buku tamu.

Setelahnya, kedua pemimpin beserta ibu negara masing-masing melakukan veranda talk. Jokowi dan Presiden Marcos Jr tampak berbincang akrab. Sesekali keduanya tampak tersenyum dan tertawa.

Kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengajak Presiden Marcos Jr dan Ibu Negara Marie Louise menuju halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor untuk menanam pohon. Pohon yang ditanam kali ini yakni Pohon Kayu Besi yang berasal dari Kalimantan Timur.

Baca Juga: Marcos Jr Meminta Kongres Setujui Anggaran US$ 94,40 Miliar untuk Proyek Ambisius

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Filipina Trixie Cruz-Angeles pada Jumat (19/8/2022) mengatakan, Presiden Marcos Jr akan mengunjungi dua negara Asia Tenggara pada minggu pertama September.

Terakhir Marcos yang baru menjabat pada 30 Juni akan berkunjung ke Indonesia pada 4-6 September dan Singapura pada 6-7 September. Kunjungan luar negeri bulan September nanti akan menjadi yang pertama bagi Marcos Jr sebagai presiden Filipina.

Angeles tidak mengatakan mengapa pemerintahan Marcos Jr memilih Indonesia dan Singapura sebagai kunjungan kenegaraan pertama Presiden. Pendahulu Marcos Jr, mantan presiden Rodrigo Duterte, juga melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya di Indonesia pada awal September 2016.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Terima Kunjungan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Bogor"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×