kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,23   7,63   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: Putih adalah kita


Selasa, 26 Maret 2019 / 06:25 WIB
Jokowi: Putih adalah kita


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hashtag #Pilih01BajuPutih menjadi trending topic di jagat media sosial Twitter. Tagar ini setidaknya sudah di-tweet oleh 24 ribu akun lebih hingga Senin (24/3) pagi menjelang sore.

Hashtag ini menjadi trending topic setelah calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengajak masyarakat Banten, terutama Kota Serang, untuk memilihnya, saat melakukan kampanye terbuka di Stadion Maulana Yussuf, Ciceri, Serang, Banten, Minggu (24/3).

Jokowi mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang memakai baju putih pada 17 April 2019 nanti.

"Hari Rabu tanggal 17 April jangan lupa ajak teman-teman kita, saudara kita, untuk memilih yang baju putih. Pilih yang bajunya putih, karena putih adalah kita. Udah jelas semuanya, jelas semuanya," tutur Jokowi.

Ribuan pendukung kubu petahana pun menyambut gembira ajakan Jokowi tersebut. Mereka secara serempak membalas ucapan Jokowi dengan teriakan 'Menang, menang menang' berkali-kali.

Pantauan Tribunnews.com, Jokowi juga mengajak mereka yang setuju dengan dirinya, untuk mengacungkan jarinya atau jempolnya.

"Setuju enggak? Yang setuju ayo acungkan jarinya. Acungkan jempolnya," ajak Jokowi.

"Setuju!" teriak para pendukung seraya mengacungkan jari dilanjutkan mengacungkan jempolnya.

Simulasi Pencoblosan

Jokowi juga memeragakan simulasi pencoblosan saat Pemilu 2019, kepada masyarakat Banten. Jokowi memegang sebuah replika surat suara berukuran besar yang masih terlipat.

Ia kemudian membuka replika surat suara itu, seraya memperlihatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir, dengan memutar badan 360 derajat.

Terlihat foto Jokowi dan Maruf Amin di sisi kiri replika surat suara tersebut. Sementara di sisi kanan ada dua siluet pria yang tampak berwarna hitam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memperlihatkan dirinya mencoblos nomor urut 01, di mana ada gambar dirinya dan Maruf Amin.

Pasca-pencoblosan, ia kembali memperlihatkan replika surat suara itu kepada masyarakat, dengan maksud semua mengikuti jejaknya mencoblos nomor urut 01.

Setelahnya, barulah Jokowi melipat surat suara tersebut dan memasukkannya ke dalam replika kotak suara yang sudah tersedia.

Sebelumnya, Jokowi bersama para pejabat partai koalisi menekan tombol tanda simulasi pencoblosan, di mana sebuah bel berbunyi dan balon-balon dilepaskan ke udara

Saat itu Jokowi didampingi para ketum parpol seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum PKPI Diaz Hendropriyono. Juga ada pula Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua TKN Erick Thohir.

Jokowi lantas menegaskan akan mengunjungi setiap provinsi di zona A dan B, sesuai yang ditentukan oleh KPU. Dan itu telah diawali dengan kampanye terbuka di Serang, Banten, Minggu (24/3/2019).

Ia mengatakan akan mengusung kegembiraan dalam setiap kampanyenya, dan enggan berkampanye dengan memberikan narasi pesimis kepada masyarakat.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×