kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka


Sabtu, 17 Agustus 2024 / 10:22 WIB
Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka
ILUSTRASI. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT RI di IKN (17/8/2024).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, untuk pertama kalinya digelar di dua tempat sekaligus, yakni di Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada upacara yang digelar di halaman Istana Negara di IKN Nusantara. Sedangkan upacara di Istana Merdeka Jakarta bakal dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Lantaran digelar di dua tempat, pihak istana membagi sejumlah undangan menjadi dua. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sebelumnya mengatakan, Istana mengundang para mantan Presiden RI untuk hadir mengikuti upacara di IKN Nusantara.

Sementara itu, para mantan Wapres RI diundang untuk menghadiri upacara 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta. Kemudian, para menteri Kabinet Indonesia Maju diagendakan mengikuti upacara peringatan kemerdekaan di IKN Nusantara.

Baca Juga: Peringatan HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka, Ini Sejumlah Tokoh yang Hadir

Menteri hingga peraih medali emas Olimpade Paris hadir Berdasarkan pantauan dari live streaming Kompas,com, sejumlah tamu undangan tampak menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari HUT ke-79 RI di Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat memeriahkan upacara kemerdekaan di IKN dengan mengenakan pakaian adat. Di antaranya ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimuti Yudhoyono.

Kemudian, terlihat juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Ada juga Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Menariknya, dua peraih Peraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024 juga turut mengikuti upacara kemerdekaan di IKN Nusantara, yakni Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Tak hanya itu, mantan Gubernur Jawa Barat yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta, Ridwan Kamil juga tampak hadir di IKN Nusantara.

Sementara itu, beberapa menteri juga terlihat hadir di Istana Merdeka Jakarta. Di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Selain itu, juga terlihat Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Titiek Soeharto, dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

Baca Juga: Sri Mulyani Pastikan Anggaran IKN Bisa Bertambah, Tapi Tunggu Titah Prabowo

Megawati dan SBY tidak hadir

Sementara itu, Presiden RI ke-5 dan ke-6, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menghadiri upacara kemerdekaan di halaman Istana Negara di IKN Nusantara. Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Megawati tidak hadir di IKN karena akan memimpin upacara HUT RI di Sekolah Partai PDI-P.

“Ibu Mega diagendakan untuk memimpin Upacara 17-an di Sekolah Partai (Lenteng Agung),” ujar Djarot dikutip dari Kompas TV pada 13 Agustus 2024.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Sekolah Partai pada 17 Agustus 2024, Megawati hadir dan akan bertindak sebagai pembina upacara yang dihadiri ajaran DPP PDI-P dan sekitar 5.000 satgas PDI-P. Megawati terlihat didampingi putranya, Prananda Prabowo, serta Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto.

Sementara itu, SBY tidak bisa menghadiri upacara kemerdekaan di IKN Nusantara karena harus menghadiri acara di Pacitan, Jawa Timur. “Beliau sudah ada apa namanya, kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacara di Pacitan, di kampung halaman,” kata Menteri ATR Agus Harimurthi Yudhoyono usai mengikuti sidang paripurna di Istana Garuda, IKN, dikutip dari Antaranews.

Sebagaimana diketahui, Megawati dan SBY juga tidak menghadiri Sidang Tahunan MPR bersama DPR-DPD RI di kompleks parlemen, Jakarta pada 16 Agustus 2024. Pada momen tersebut, Presiden Jokowi untuk terakhir kalinya menyampaikan pidato kenegaraan sebelum lengser pada 20 Oktober 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Megawati-SBY Kompak Tak Hadir", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/08/17/10084411/jokowi-pimpin-upacara-hut-ri-di-ikn-maruf-amin-di-istana-merdeka-megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×