kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi optimistis 70% warga negara Indonesia sudah divaksinasi akhir 2021


Jumat, 30 Juli 2021 / 13:45 WIB
Jokowi optimistis 70% warga negara Indonesia sudah divaksinasi akhir 2021
ILUSTRASI. Jokowi mengatakan bila 70% warga sudah divaksinasi maka sudah terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya menyelesaikan proses vaksinasi Covid-19 yang ditargetkan mencapai 70% dari keseluruhan penduduk Indonesia pada akhir 2021. 

Jika cakupan vaksinasi telah mencapai 70%, menurutnya daya tular virus corona penyebab Covid-19 bisa diperlambat.  Pasalnya, dengan capaian itu kekebalan komunitas atau herd immunity sudah mulai terbentuk. 

"Kita masih berproses menuju pada vaksinasi 70% yang kita harapkan nanti akhir tahun ini bisa kita selesaikan Insya Allah," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan pada penyerahan banpres produktif untuk usaha mikro dan usaha kecil yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021). 

"Kalau sudah 70% paling tidak daya tular dari virus ini menjadi agak terhambat kalau sudah tercapai yang namanya kekebalan komunal atau herd immunity," lanjutnya. 

Baca Juga: Ini alasan Jokowi kenapa tidak memilih lockdown untuk cegah penyebaran Covid-19

Presiden pun menyampaikan, hingga saat ini badan kesehatan dunia (WHO) pun belum dapat memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan selesai. "Inilah emang penularan varian delta sangat cepat oleh karena itu bapak ibu semua harus bekerja lebih keras lagi dan tahan banting," lanjutnya. 

Dia mengungkapkan pemerintah selalu menjalankan penanganan sisi kesehatan. Akan tetapi, sisi ekonomi pun pelan-pelan harus dijalankan. 
Oleh karenanya, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa mengambil opsi karantina wilayah atau lockdown dalam menekan penularan Covid-19. 

"Kemarin PPKM darurat kan semi lockdown. Itu masih semi saja saya masuk kampung, saya masuk ke daerah semuanya menjerit untuk dibuka," ungkap Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kalau Vaksinasi Sudah 70 Persen, Daya Tular Virus Corona Agak Melambat"
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Krisiandi

Selanjutnya: Pakai sertifikat vaksin Covid-19 palsu, ini sanksi yang mengintai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×