kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Minta Menkominfo Baru Utamakan Penyelesaian Program BTS


Senin, 17 Juli 2023 / 10:53 WIB
Jokowi Minta Menkominfo Baru Utamakan Penyelesaian Program BTS
Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi usai dilantik sebagai menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru dilantik yakni Budi Arie Setiadi untuk mengutamakan penyelesaian pembangunan Program Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) 4G di daerah daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

Ia menegaskan, meski penyelesaian hukum terhadap kasus korupsi BTS 4G berjalan, penyelesaian program BTS juga harus tetap dilanjutkan.

"Kita hanya punya waktu yang sangat pendek, satu setengah tahun kurang, sehingga saya ingin yang pertama di Kominfo penyelesaian BTS itu harus diutamakan, penyelesaian hukum silakan berjalan kita hormati proses hukum tapi penyelesaian BTS tetap harus berjalan," jelas Jokowi di Istana Negara, Senin (17/7).

Baca Juga: Presiden Jokowi Melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Kominfo

Penyelesaian pengerjaan BTS 4G penting lantaran menyangkut pada pelayanan kepada daerah 3T. Ia mewanti-wanti agar program BTS tidak terbengkalai meski penyelesaian kasus hukumnya terus berjalan.

"Jangan sampai kita sudah peristiwa hukum, BTS-nya terbengkalai. Ini saya enggak mau, tugas beratnya di situ," tegasnya.

Selain itu, dengan kecepatan perubahan dunia yang sangat ditentukan oleh Information and Communication Technology (ICT), maka yang berkaitan dengan kedaulatan data, Artificial Intellegence (AI), frekuensi hingga satelit juga diminta untuk segera dituntaskan.

"Ini juga kita perkuat dengan Wamen agar berkaitan dengan kedaulatan data yang berkaitan dengan Artificial Intellegence, frekuensi, berkaitan dengan satelit semua bisa segera di rampungkan dan dituntaskan," jelasnya.

Guna mempercepat penyelesaian pekerjaan rumah di Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut maka Presiden Jokowi juga menunjuk Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika. Kemudian, penyelesaian juga akan dibantu dengan pembentukan satuan tugas (satgas).

Baca Juga: Bakal Dilantik Jadi Menteri, Budi Arie: Soal Tempatnya Tunggu Presiden

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, pembentukan Satgas akan dilakukan secepatnya menunggu arahan dari Presiden Jokowi.

Intinya Budi menegaskan, usai pelantikan pihaknya akan bergerak cepat untuk menyelesaikan apa yang menjadi tugas dari Kepala Negara.

"(Satgas) nanti tunggu pak presiden. Kita akan gerak cepat ini. Tadi Pak Presiden sampaikan soal platform media sosial dimana perkuatan dan sebagainya," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×