kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi: Indahnya pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu


Senin, 09 September 2019 / 15:24 WIB

Jokowi: Indahnya pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu
ILUSTRASI. Seksi 1-3 Tol Cisumdawu Ditargetkan Fungsional Pada Mudik Lebaran Tahun 2020


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa senangnya atas progres pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tol yang ditargetkan rampung seluruhnya akhir 2020 ini selain bakal memperlancar akses juga menyajikan pemandangan yang indah.  

“Ini pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu, di titik yang menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat,” tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, Senin (9/9).

Jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung. Di atasnya jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang.

Baca Juga: Seksi 1-3 Tol Cisumdawu ditargetkan fungsional pada mudik Lebaran tahun 2020

“Dan di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah, bukan?,” ungkapnya.

Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020.

Ada pun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

Baca Juga: Ini alasan rencana pemindahan pusat pemerintahan Jawa Barat

Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan “segitiga emas” Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Lihat postingan ini di Instagram

Ini pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu, di titik yang menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat. Jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung. Di atasnya jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang. Dan di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah, bukan? Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Ada pun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan. Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan “segitiga emas” Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×