kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Groundbreaking PLN Hub, Nilai Investasi Lebih dari Rp 1 Triliun


Rabu, 05 Juni 2024 / 12:54 WIB
Jokowi Groundbreaking PLN Hub, Nilai Investasi Lebih dari Rp 1 Triliun
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek PLN Hub dengan total nilai investasi lebih dari Rp 1 triliun di IKN.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek PLN Hub dengan total nilai investasi lebih dari Rp 1 triliun di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (5/6). 

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, peletakan batu pertama groundbreaking PLN hub sebagai smart electricity, telecommunication dan digital center saya nyatakan dimulai," ungkap Jokowi.

Jokowi bilang PLN Hub ini nantinya akan mengumpulkan berbagai pemangku kebijakan di industri listrik yang juga sudah bermitra dengan PT PLN untuk memastikan keberlangsungan pengelolaan sumber energi hijau di Indonesia. 

Kepala Negara mengatakan Indonesa menyimpan kekayaan energi hijau yang sangat besar yang bersumber dari aliran sungai (hydropower), panas bumi (geothermal), hingga angin.

Baca Juga: Lewat Skema ARED, PLN Siap Kebut Transisi Energi

Contohnya, saat ini terdapat sekitar 4.400 aliran sungai di Indonesia. Salah satunya, Sungai Kayan yang membelah Pulau Kalimantan yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 11.000-13.000 MW.

Di sisi lain, ia melihat sumber energi hijau telah menjadi kebutuhan penting bagi investor di tengah situasi ekonomi global yang tidak menentu. 

Hal ini menurutnya bisa menjadi peluang baru bagi Indonesia untuk bisa menarik investor masuk ke dalam negeri. 

Untuk itu, Pemerintah Indonesia mengantisipasi hal itu dengan mentransformasi ekonomi nasional lewat kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menawarkan energi hijau melalui keberadaan PLN Hub. 

"Jadi saya sangat menghargai dibangunnya PLN hub yang akan mengumpulkan stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN dan kita harapkan terjadi perubahan mindset, karena di IKN sudah saya sampaikan 100 % sudah memakai energi hijau," jelas Jokowi. 

Baca Juga: Kejar Target NZE, PLN Indonesia Power Kebut Proyek Panas Bumi

Sebagai tambahan informasi, PLN Hub rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 1,39 hektare dan berlokasi tepat di jantung kota IKN. 

Proyek dengan total investasi lebih dari Rp 1 triliun ini akan dilengkapi dengan pusat perkantoran, komersial, green Hydrogen Park, Pusat studi penelitian, data center, laboratorium, hunian kariawan, pusat olah raga dan kesehatan hingga creative center. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×