kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi: Dari visi Habibie, Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia


Kamis, 12 September 2019 / 15:31 WIB

Jokowi: Dari visi Habibie, Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia
ILUSTRASI. Presiden Jokowi usai melayat di rumah duka BJ Habibie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pemakaman Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie.

Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam pemakaman tersebut. Pada pidatonya, Jokowi mengenang peran Habibie yang membuka industri strategis di Indonesia.

"Dari visi beliau, lahir industri-industri strategis untuk menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia," ujar Jokowi, Kamis (12/9).

Salah satu peninggalan bapak teknologi itu adalah lahirnya pesawat Gatot Kaca yang mengudara pada 50 tahun kemerdekaan. Hal itu menanamkan kepercayaan diri Indonesia.

Baca Juga: Kisah haru Habibie yang ngotot ingin dimakankan di samping Ainun

Habibie juga mendorong Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. SDM perlu diisi dengan agama, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Jokowi juga menyampaikan pesan Habibie kepada masyarakat. Habibie berpesan untuk berani masuk ke nilai tambah untuk perekonomian dunia.

"Selamat jalan, Mr Crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia," kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi pimpin upacara pemakaman BJ Habibie


Reporter: Abdul Basith
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×