kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi pimpin upacara pemakaman BJ Habibie


Kamis, 12 September 2019 / 14:31 WIB
Presiden Jokowi pimpin upacara pemakaman BJ Habibie


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur dalam upacara pemakaman Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang. 

Pantauan Kompas.com, jenazah Habibie dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya oleh pasukan pengamanan presiden. Setelah itu, dibacakan biografi singkat terkait perjalanan karir hingga prestasi Habibie. 

Lalu Jokowi pun memimpin dimulainya upacara pemakaman. Sebagai inspektur upacara, Jokowi membacakan apel persada di depan pusara Habibie. 

"Saya Presiden RI atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa jasa almarhum: nama Prof Ir Bacharudin Jusuf Habibie," kata Jokowi. 

Baca Juga: Habibie pernah merancang mobil nasional bernama Maleo

Jokowi turut mendoakan agar Habibie dapat diterima di sisi-Nya. Setelah itu, jenazah Habibie diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para mantan presiden dan wakil presiden ikut hadir dalam upacara pemakaman ini. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir bersama kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.  

Presiden kelima Megawati Soekarnoputri juga datang ke TMP Kalibata. Selain itu, istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga datang bersama kedua putrinya Yenny Wahid dan Anita Wahid. 

Baca Juga: Jenazah Habibie diberangkatkan ke TMP Kalibata

Mantan wakil presiden Boediono, Try Sutrisno dan Hamzah Haz, juga tampak ikut melepas Habibie ke tempat peristirahatan terakhir. Selain itu, hadir juga para menteri, kepala lembaga, anggota DPR, hingga masyarakat umum. 

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pukul Rabu (11/9) pukul 18.03 WIB. Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×