kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi angkat jempol jika UU Omnibus Law kelar 100 hari


Kamis, 16 Januari 2020 / 12:24 WIB
Jokowi angkat jempol jika UU Omnibus Law kelar 100 hari
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Abdul Basith | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARA. Presiden Joko Widodo akan mengacungkan jempol bila Undan Undang (UU) Omnibus Law rampung kurang dari 100 hari.

Sebelumnya, pekan ini ditargetkan seluruh draf UU Omnibus Law bisa selesai dan diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah itu diharapkan tidak sampai 100 hari UU itu bisa rampung.

"Saya akan angkat jempol, dua jempol kalau DPR bisa selesaikan ini dalam 100 hari," kata Jokowi di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Kamis (16/1).

Baca Juga: Jokowi peringatkan penguatan, rupiah spot ke Rp 13.655 per dolar AS

UU Omnibus Law cipta lapangan kerja dinilai akan merevisi 1.244 pasal dari 79 UU. Selain itu ada pula Omnibus Law perpajakan yang tak kalah banyaknya. Omnibus law diambil untuk mempercepat penyelesaian revisi UU yang menghambat. Bila menggunakan skema normal revisi satu persatu dinilai akan memakan waktu yang lama.

Padahal menurut Jokowi, Indonesia membutuhkan perubahan aturan untuk merespon perubahan global. Selesainya UU Omnibus Law akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kalau UU kita kaku, perubahan yang ada tidak bisa kita respons dengan cepat," terang Jokowi. Guna mencapai target cepat tersebut Jokowi juga telah bertemu dengan pimpinan partai politik serta DPR. Pada pertemuan tersebut DPR memberikan dukungan atas selesainya Omnibus Law.




TERBARU

Close [X]
×