kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.030.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi Akan Melakukan Lebih dari 20 Pertemuan di KTT ASEAN


Kamis, 10 November 2022 / 12:24 WIB
Jokowi Akan Melakukan Lebih dari 20 Pertemuan di KTT ASEAN
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri, Panglima TNI serta Kapolri memberi keterangan sebelum bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri KTT ASEAN, dari Bandara Ngurah Rai, Bali, 9 November 2022.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengawali agenda kerjanya di Phnom Penh, Kamboja, dengan mengunjungi Istana Kerajaan Kamboja pada Kamis (10/11). Di sana, Jokowi akan melakukan audiensi secara tertutup dengan Raja Kamboja, Yang Mulia Norodom Sihamoni.

Setelahnya, Jokowi akan menuju Sokha Phnom Penh Hotel untuk menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA). Di lokasi tersebut, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Asian Development Bank (ADB).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, seluruh rangkaian pertemuan akan dilakukan mulai dari tanggal 10-13 November 2022.

"Total pertemuan dan kegiatan yang akan dihadiri Presiden lebih dari 20 ditambah 4 pertemuan bilateral yaitu dengan Perdana Menteri Singapura, Presiden Dewan Eropa, Sekjen PBB dan Presiden Asian Development Bank," kata Retno di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/11).

Baca Juga: Indonesia Desak para Pemimpin ASEAN Mengambil Sikap Atas Situasi di Myanmar

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan mengikuti pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan pemuda ASEAN. Agenda kemudian akan dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan dari ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Pada petang harinya, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Para Pemimpin Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam KTT Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Selepas itu, Jokowi akan menuju Hotel Sofitel untuk kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

Retno menjelaskan, KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 akan dilakukan dalam bentuk plenary dan retreat. Pada sesi pleno, KTT akan membahas mengenai penguatan kapasitas institusi dan efektivitas ASEAN.

Sementara untuk retreat, terdapat dua isu besar yang akan dibahas, yaitu hubungan ASEAN dengan pihak luar. "Tentunya termasuk tantangan eksternal yang dihadapi oleh ASEAN, dan masalah Myanmar," ujar Retno.

Baca Juga: Bertolak ke Kamboja, Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×