kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi ajak negara ASEAN perkuat kerja sama kawasan


Jumat, 26 Juni 2020 / 15:48 WIB
Jokowi ajak negara ASEAN perkuat kerja sama kawasan
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ASEAN ke-36 secara virtual, Jumat (26/6). Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta negara-negara ASEAN meningkatkan kerja sama kawasan.

Selain untuk kerja mempercepat pemulihan ekonomi, Jokowi menilai kerja sama  kawasan ini menjadi penting di tengah pesismisme terhadap multilateralisme.

"Presiden mengatakan, di tengah pesimisme terhadap multilateralisme, maka kerja sama kawasan menjadi lebih penting untuk mengembalikan harapan terhadap multilateralisme yang efektif, efisien dan berkeadilan," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengutip pernyataan Jokowi, Jumat (26/6).

Baca Juga: Jokowi di KTT ASEAN tekankan percepatan pemulihan ekonomi dan kerjasama kawasan

Dia melanjutkan, di era new normal, kerja sama ASEAN dapat ASEAN led mechanism dapat menjadi mesin penggerak bagi stabilitas dan perdamaian kawasan.

"ASEAN harus menjadi guardian agar kawasan kita tidak menjadi ajang power projection negara-negara besar. Bapak Presiden mengatakan, ASEAN harus menjadi subject dan bukan menjadi object dalam politik global," tambah Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa persatuan dan sentralitas ASEAN menjadi kunci. Karena itu, dalam konteks kerja sama regional, Jokowi menekankan pentingnya memperkokoh Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik yang sebelumnya telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-34 pada 22 Juni 2019 lalu.

Dimana ini menekankan pada inklusifitas, kerja sama, ruled base order dan confidence building.

Baca Juga: Hadiri KTT ASEAN Ke-36, Jokowi tekankan dua tantangan besar negara di dunia

Adapun, KTT ASEAN ke-36 ini mengadopsi 2 dokumen.  2 dokumen tersebut antara lain "Leaders' Vision Statement on a Cohesive and Responsive ASEAN: Rising Above Challenges and Sustaining Growth" dan "ASEAN Declaration on Human Resources Development for the Changing World of Work".

Menurut Retno, dokumen pertama berisi terkait komitmen pemimpin ASEAN untuk memperkuat solidaritas dan mekanisme kawasan.




TERBARU

[X]
×