kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Jelang pelantikan Jokowi, CSIS: Menteri PUPR Basuki akan tetap dipertahankan


Sabtu, 14 September 2019 / 14:31 WIB
Jelang pelantikan Jokowi, CSIS: Menteri PUPR Basuki akan tetap dipertahankan
ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sumber: Harian Kompas | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Masa tugas Kabinet Kerja Periode 2014-2019 segera memasuki purna bhakti. Begitu Presiden dan Wakil Presiden baru dilantik pada 20 Oktober mendatang, seluruh menteri di kabinet pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) ini akan menanggalkan jabatannya.

Namun, Kepala Negara diperkirakan tidak akan mengganti seluruh orang-orang yang menduduki posisi di kabinet saat ini. Terutama, bila merujuk pernyataan Presiden saat pidato Visi Indonesia 2019-2024, yang salah satunya melanjutkan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Kementerian PUPR tambah anggaran infrastruktur 5 kawasan pariwisata super prioritas

Jokowi tentu membutuhkan 'tangan kanan' yang dapat dipercaya untuk menyelesaikan seluruh proyek infrastruktur yang dirancang. Terlebih, selain menggarap proyek infrastruktur, ada pula rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Berdasarkan analisa peneliti dan pengamat politik Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, ada tiga nama menteri yang kemungkinan akan dipertahankan, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Seksi 1-3 Tol Cisumdawu ditargetkan fungsional pada mudik Lebaran tahun 2020

Ada tiga alasan yang menyebabkan ketiganya layak untuk dipertahankan, yaitu memiliki kinerja yang cukup baik, dekat dengan Jokowi, dan sesuai dengan kebutuhan pada periode mendatang. " Menteri PUPR dibutuhkan karena kebutuhan Jokowi membangun infrastruktur," ungkap Arya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Karakter Basuki, Tak Pernah Menolak Tugas dari Jokowi

Penulis : Dani Prabowo

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×