kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga kerahasiaan materi debat, panelis dan moderator diminta teken pakta integritas


Rabu, 06 Februari 2019 / 17:01 WIB
Jaga kerahasiaan materi debat, panelis dan moderator diminta teken pakta integritas


Reporter: kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panelis dan moderator debat kedua pilpres akan diminta menandatangani pakta integritas untuk menjamin kerahasiaan pembahasan dan pertanyaan debat. 

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, rencana penandatanganan pakta integritas muncul berdasar kesepakatan pihaknya, tim kampanye paslon 01 dan 02, maupun panelis dan moderator. 

"Kami tadi sepakati, karena ini rahasia, sangat rahasia bahkan, panelis dan moderator akan menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan bahasan, atau proses pembahasan dan rumusan narasi pertanyaan ke pihak luar," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

Menurut Arief, sebagai pembuat pertanyaan, panelis adalah pihak yang tahu betul pertanyaan debat. Begitu pula dengan moderator. Sebagai pemandu, mereka akan lebih dulu diberi tahu pertanyaan debat yang nantinya akan disampaikan ke kandidat. 

Arief mengatakan, KPU tengah merancang adanya sanski bagi pihak-pihak yang melanggar pakta integritas. "Jadi ini akan dijaga betul karena panelis yang tahu, moderator juga harus tahu karena dia yang akan menyampaikan pesan-pesan pertanyaanya," tandasnya. 

Sebelumnya, KPU menetapkan 8 panelis debat kedua pilpres. Dari jumlah tersebut, 6 panelis berasal dari kalangan akademisi dan 2 orang lainnya dari LSM. Tak seperti debat pertama yang melibatkan tim kampanye dalam perumusan nama panelis, KPU memutuskan untuk tidak lagi melibatkan kedua tim kampanye dalam menentukan panelis debat pilpres. 

Nama-nama panelis seluruhnya diputuskan oleh KPU. Sementara dua orang moderator adalah pembawa acara berita iNews TV, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Kedua nama tersebut ditetapkan sebagai moderator melalui kesepakatan antara KPU, tim kampanye Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga dan televisi penyelenggara debat kedua. 

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan iNews TV. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaga Kerahasiaan Soal Debat, Panelis dan Moderator Akan Tanda Tangan Pakta Integritas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×