kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jadi Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo akan fokus melakukan hal ini


Rabu, 23 Oktober 2019 / 20:03 WIB
Jadi Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo akan fokus melakukan hal ini
ILUSTRASI. Mendagri periode 2014-2019 Tjahjo Kumolo tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa (22/10/2019).


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo menunjuk Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. 

Penunjukkan tersebut diumumkan di Istana Negara, pada Rabu (23/10). Tjahjo yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, kini menggantikan Menteri sebelumnya, Komisaris Jenderal (Purn) Syafruddin yang telah purna tugas.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap menteri baru bisa bantu Jokowi

"Pada prinsipnya, kami akan melanjutkan beberapa program yang sudah dilaksanakan dengan baik. Dan ada dua fokus utama ke depan. Pertama, seperti yang dikatakan Presiden, bagaimana untuk mempercepat proses reformasi birokrasi yang lebih nyata atau konkrit," ungkap Tjahjo dalam acara serah terima jabatan di kantor Kementerian PAN-RB, di Jakarta, Rabu (23/10).

Mempercepat proses reformasi birokrasi akan menjadi fokus kerja Kementerian tersebut untuk lima tahun ke depan. Untuk bisa mewujudkan target tersebut, Tjahjo mengatakan pihaknya perlu bersinergi dan komunikasi dengan sejumlah instansi terkait dan perguruan tinggi. 

Fokua kedua yang juga disasar Kementerian PAN - RB dalam lima  tahun ke depan yakni mengembangkan inovasi, terutama terkait penggunaan teknologi berbasis IT system dalam pemerintahan atau yang sering disebut government IT system.

"Kami juga akan terus mendorong inovasi-inovasi, sekecil apapun, terutama di daerah. Misalnya saja e-budgeting, belum semua daerah menggunakan itu, kami akan dorong terus," tutur Tjahjo.

Baca Juga: Rupiah terkoreksi tipis sesaat setelah Jokowi umumkan Kabinet Indonesia Maju

Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) juga akan terus digenjot, demi menyesuaikan penerapan teknologi dalam pemerintahan. Sehingga, nantinya seluruh SDM pemerintahan siap untuk melayani masyarakat lewat sistem elektronik.

"Intinya, kami akan bekerja dengan konsep-konsep detail, teliti dan terbuka, sehingga saya kira bisa mempercepat proses reformasi birokrasi yang diharapkan Presiden," ujar Tjahjo.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×