kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jabar ikut berikan izin Meikarta, ini penjelasan Ridwan Kamil


Senin, 22 Oktober 2018 / 09:13 WIB
Jabar ikut berikan izin Meikarta, ini penjelasan Ridwan Kamil
ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperjelas, perizinan proyek Meikarta yang saat ini tersandung kasus suap, merupakan wewenang Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Peran Pemerintah Jawa Barat adalah di awal, memberikan rekomendasi pertimbangan tata ruang yang bisa digunakan di kawasan, atas permintaan Pemkab Bekasi yang mengurus proyek tersebut. 

Dalam akun instragramnya, Emil, panggilan Ridwan Kamil menyebut, Pemkab Bekasi mengajukan pertuntukkan tanah 143 hektare dari total lahan 150 ha pada Pemprov Jabar pada Oktober 2017. 

Dari pengajuan itu, Pemprov Jabar di zaman terdahulu, hanya memberikan rekomendasi penggunaan lahan 85 ha. Dengan begitu, pemohon proyek bisa mengajukan izin berikutnya yang harus diurus pemilik Proyek Meikarta adalah Amdal, Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

"Jika ada masalah suap menyuap pada ijin-ijin lanjutannya (IMB/AMDAL), maka itu adalah aspek pidana," tulis Emil, yang baru menjabat sebagai Gubernur Jabar September 2018 lalu. Sehingga, Pemprov Jabar mendorong agar Komisi Pemberantasan Korupsi menegakkan hukum dengan tegas dan adil. 

View this post on Instagram

MEIKARTA. Perijinan (Tata ruang, Amdal, IMB dll) Meikarta adalah wewenang Pemkab Bekasi. Wewenang Pemprov adalah memberi rekomendasi tata ruang yang diajukan Pemkab Bekasi. Rekomendasi hanya untuk pertimbangan terkait peruntukan tanah. Dari 500 Ha yang direncanakan dan 143 Ha yang diajukan Pemkab, Pemprov Jabar di zaman gubernur terdahulu, sudah mengeluarkan rekomendasi untuk seluas 85 Ha. _____ Dari kajian, sementara ini tidak ada masalah administrasi dalam pengajuan 85 Ha. _____ Jika ada masalah suap menyuap pada ijin-ijin lanjutannya (IMB/AMDAL), maka itu adalah aspek pidana, sehingga Pemprov mendorong agar KPK menegakkan hukum dengan tegas dan adil. ______ Sementara itu sebagai Gubernur baru, saya akan secepatnya melakukan review dan kajian secara menyeluruh dan adil terkait menyikapi proyek ini di masa mendatang. Hatur Nuhun.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Proyek Meikarta menyedot perhatian publik karena nilainya yang tak tanggung-tanggung, diproyeksikan mencapai Rp 278 triliun. 

Ridwan Kamil menyebut, dalam waktu segera akan mengevaluasi dan mengkaji secara menyeluruh dengan adil terkait menyikapi proyek ini di masa mendatang. 

KPK saat ini menetapkan sembilan tersangka dalam kasus dugaan suap IMB antara Lippo Group kepada Pemkab Bekasi. Mereka yang disangkakan terlibat suap antara lain Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro (BS) dan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin (NNY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×