kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Istana Pastikan Jokowi Tidak Akan Lakukan Kampanye Hari Ini


Sabtu, 10 Februari 2024 / 09:30 WIB
Istana Pastikan Jokowi Tidak Akan Lakukan Kampanye Hari Ini
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak akan melakukan kampanye di hari terakhir masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Sabtu (10/2).


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak akan melakukan kampanye di hari terakhir masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Sabtu (10/2).

Untuk diketahui, Sabtu ini ketiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) sama-sama melaksanakan kegiatan kampanye akbar.

"Presiden tidak akan kampanye. Ini telah ditegaskan beliau, 7 Februari 2024 yang lalu," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (10/2).

Adapun dua pasangan capres-cawapres melakukan kampanye akbar di Jakarta pada Sabtu ini. Mereka yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang menggelar kampanye di Jakarta Internasional Stadium (JIS) dan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar kampanye akbar di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Masuk Masa Tenang Pemilu, Pemerintah Tunda Pembagian Bansos Beras

Sebagaimana diketahui, Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan dirinya tidak akan ikut berkampanye untuk pemilu. Hal itu ditegaskannya menanggapi kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut dalam kampanye di hari-hari terakhir menjelang pemungutan suara pemilu pada 14 Februari 2024.

"Yang bilang siapa (saya mau ikut kampanye). Ini, ini, ini saya ingin tegaskan kembali, pernyataan saya yang sebelumnya. Bahwa Presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk berkampanye," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Sumatera Utara, sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2/2024).

"Dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya. Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan ikut kampanye ? Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," tegas Presiden.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu pekan depan. Menurut Jokowi, masyarakat dipersilahkan memberikan suaranya sesuai pilihan masing-masing.

Adapun setelah hari terakhir kampanye pada Sabtu ini, tahapan pemilu akan memasuki masa tenang selama tiga hari, yakni Minggu-Selasa (11-13/2/2024) sebelum hari H pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca Juga: Arab Saudi Miliki Jumlah DPT Luar Negeri Terbesar Kedua Setelah Malaysia

Penulis: Dian Erika Nugraheny
Editor: Dani Prabowo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istana Kembali Tegaskan Jokowi Tak Akan Ikut Kampanye Hari Ini".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×