kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi China dan Amerika lesu, Sri Mulyani ajak Arab Saudi investasi di SWF


Senin, 24 Februari 2020 / 07:42 WIB
Investasi China dan Amerika lesu, Sri Mulyani ajak Arab Saudi investasi di SWF
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed Al - Jadaan Minggu (23/2) di Riyadh, Saudi Arabia. Pada pertemuan bilateral yang di gelar di sela Pertemuan G20 itu, Menkeu mengajak Arab Saudi berinvestsai di Indonesia dala


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencoba mengajak pemerintah Arab Saudi berinvestasi ke Indonesia. Dana investasi itu akan disalurkan melalui proyek - proyek yang akan dikelola oleh lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF). 

Langkah Menkeu Sri Mulyani menawarkan proyek investasi dalam kerangka SWF ke Arab Saudi lantaran beberapa negara yang jadi sumber utama investasi Indonesia yakni Amerika Serikat, dan China sedang lesu darah. Sementara investasi dari Jepang masih cukup stabil. 

"Salah satu hasil survei menunjukkan bahwa dalam beberapa periode terakhir, investasi dari Amerika Serikat, China mengalami penurunan. Sementara dari Jepang relatif stabil. Pada sisi lain, invetasi dari Arab Saudi meningkat cukup signifikan. Kondisi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan investasi Arab Saudi ke Indonesia," kata menkeu dalam pernyataan tertulis Senin (24/2).

Baca Juga: Pemerintah akan bentuk Sovereign Wealth Fund (SWF) untuk tampung investasi

Investasi Arab Saudi dapat juga disalurkan melalui Sovereign Wealth Fund (SWF) yang saat ini sedang dibentuk oleh Indonesia untuk penyediaan pembiayaan bagi pembangunan ibukota negara baru di Kalimatan Timur dan atau proyek di Aceh.

SWF akan dibentuk sebagai badan penyatuan dana investasi untuk mengelola investasi langsung yang bertujuan memberikan dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia melalui investasi domestik.

Baca Juga: Pemerintah Mengincar Investasi Minimal US$ 20 Miliar Melalui Sovereign Wealth Funds

Sri Mulyani mengklaim Menteri Keuangan Arab Saudi menyepakati sektor-sektor potensial yang dapat dikembangkan tersebut. Adapun pembentukan SWF itu harus menunggu penyelesaian pembahasan omnibus law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang saat ini sudah masuk ke DPR.




TERBARU

[X]
×