kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Instruksi Menko PMK Terkait Arus Balik, Minta Instansi Sediakan Program Balik Gratis


Minggu, 23 April 2023 / 18:42 WIB
Instruksi Menko PMK Terkait Arus Balik, Minta Instansi Sediakan Program Balik Gratis
ILUSTRASI. Mudik Lebaran: Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan sejumlah instruksi terkait arus balik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Hal tersebut salah satunya merespons prediksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) yang memperkirakan sebanyak 203 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta.

Pertama, Dia menghimbau agar masyarakat menunda arus balik pada 25 hingga 26 April yang diperkirakan akan menjadi puncak arus balik ke Jabodetabek. Dia menganjurkan agar masyarakat melakukan arus balik pada 26 hingga 30 April 2023.

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon Tarif 20% untuk Tol Jakarta-Cikampek Mulai 27 April 2023

Instruksi kedua, agar masyarakat menunda arus balik, dengan memberikan diskon untuk semua moda transportasi, baik itu tol, perjalanan jalur laut dan juga udara.

Untuk diketahui, Jasa Marga akan kembali memberikan diskon tarif tol sebesar 20% untuk untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berlaku di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

“Saya apresiasi inisiatif Jasa Marga dan seluruh operator yang memberi diskon,” tutur Muhadjir dalam konferensi pers, Minggu (23/4).

Ketiga, pemerintah juga akan memastikan persiapan Pelabuhan Bakauheni. Nantinya, tempat turun kendaraan roda dua akan ditetapkan di Ciwandan, sedangkan tempat turun mobil di Pelabuhan Indah Kiat.

Dia juga berharap, agar yang sebelumnya melakukan program mudik gratis, juga memberikan program balik gratis. “Selain itu bagi institusi yang tidak mengadakan program mudik gratis, diharapkan memberikan program balik gratis,” tambahnya.

Lebih lanjut, saat ini pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan kapolri untuk mendorong agar ada program balik gratis. Sehingga akan mengurangi beban penanganan arus balik di Jakarta.

Muhadjir juga meminta agar  manajemen rest area bisa dikelola dengan baik semakin baik. Caranya dengan menambah personel dan satuan tugas (satgas) untuk membantu mengarahkan kendaraan agar tidak macet. Termasuk juga dengan memastikan kebersihan toilet, keamanan, dan ketersediaan BBM.

Selain itu, Dia juga menginstruksikan agar ada tambahan personel di sekitar rest area untuk berpatroli. Tugasnya untuk mengimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan dna ruas lainnya.

 Kemudian, untuk ruas arteri, diintruksikan untuk di koordinasikan dengan pemerintah daerah untuk menertibkan parkir, pasar tumpah, dan pengawalan berantai.

“Perlu juga untuk memastikan penerangan jalan, khususnya pada tol fungsional Tol Cisundawu dan Jakarta-Cikampek,” katanya.  

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Imbau Pengguna Jalan Hindari Puncak Arus Balik 24-25 April 2023

Instruksi terakhir, perlu dipastikan keberadaan dan sarana prasarana yang memadai  memadai seperti mobil derek dan ambulans di titik yang rawat masalah. Selain itu, perlu dilakukan penebalan pengamanan di jalur darat, laut, udara, dan kereta api.

“Kementerian Perhubungan telah meminta diskon pada Garuda, Citilink, Lion Grup pada 26 April 2023, untuk mendorong pemudik kembali ke Jakarta pada tanggal tersebut,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×