kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.005,20   9,98   1.00%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Inilah Poin-Poin Pertemuan Menkominfo Johnny G Plate dengan 12 Negara G20


Kamis, 01 September 2022 / 06:26 WIB
Inilah Poin-Poin Pertemuan Menkominfo Johnny G Plate dengan 12 Negara G20
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate bertemu dengan dengan Micaela Sánchez Malcolm, State Secretary of Public Innovation of the Chief of Cabinet of Ministers Argentina di Billateral Meeting DEWG Keempat di Nusa Dua, 1 September 2022.


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Indonesia memanfaatkan betul status sebagai Presidensi G20. Dalam pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) Keempat, Indonesia memanfaatkan ajang pertemuan bilateral dibidang teknologi telekomunikasi dan komunikasi atau information and communication technology (ICT).

Tercatat ada 12 negara, termasuk dengan negara G20 serta beberapa badan internasional.

Adapun kerjasama bilateral tersebut adalah dengan negara Argentina, Afrika Selatan, Jerman, Kanada, Singapura, Kamboja, India, Jepang, Inggris, Belanda, Spanyol, Australia, serta dengan United Nations Economics and Social Commisions for Asia dan the Pacific (UN-ESCAP) serta International Telecommunication Union (ITU).

Harapannya adalah bisa memuluskan langkah untuk menghasilkan kesepakatan di DEWG Keempat. Dan hasil lainnya adalah tercipta kerjasama yang saling menguntungkan diantara Indonesia dengan negara-negara G20.

Salah satunya adalah dengan Argentina. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan dalam diskusi dengan Micaela Sánchez Malcolm, State Secretary of Public Innovation of the Chief of Cabinet of Ministers Argentina, membahas soal jaringan internet basis broadband yang bisa menghubungkan Argentina.

Indonesia sendiri, menurut Menkominfo Johnny berencana memperluas  jaringan broadbad yang menghubungkannya ke belahan dunia lainnya. Yakni dari Indonesia ke Amerika Selatan, yang melewati Argentina, Chili, kemudian juga ke negara Amerika lainnya, lantas Eropa, serta Asia Timur dan bagian Asia lainnya

Selain itu juga ada pembahasan tentang digital ekonomi termasuk juga soal keahlian di bidang tersebut. Seperti untuk kaum perempuan dan anak-anak.

“Untuk itu perlu payung hukum kerjasama antara Indonesia dan Argentina,” kata Johnny yang mengapresiasi Argentina dalam pertemuan DEWG hingga keempat.

Baca Juga: Harapan DEWG Keempat Bisa Merampungkan Paket Bali

Selain dengan Argentina,  Menkominfo Johnny G Plate juga mengadakan pertemuan dengan Khumbudzo Ntshavheni, Minister of Communications and Digital Technologies Afrika Selatan. Pertemuan tersebut menghasilkan kesamaan visi dalam mengembangkan bidang ICT  bagi masing-masing negara serta global .

Afrika Selatan sendiri ingin menimba ilmu dari Indonesia dalam pengembangan ekonomi digital lewat program pelatihan untuk bisa mengurangi angka pengangguran di sana. Selain itu juga Afrika Selatan ingin belaja cara mengembangkan start up dengan melihat cerita sukses startup di Indonesia.

Sedangkan dalam pertemuan dengan Stefan Schnorr, State Secretary at the Federal Ministry for Digital and Transport Jerman, Menkominfo Johnny G Plate menyatakan selain membahas soal poin-poin agenda untuk pembahasaan DEWG Ministry Meeting, juga membahas kerjasama di bidang teknologi komunikasi dan informasi  dan ekonomi digital.

“Jerman dan Indonesia sudah punya hubungan yang lama,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo  berharap Jerman bisa mengimplementesikan program literasi digital yang sudah ada bagi negara-negara G20 lainnya.

Selain itu juga meyakinkan soal pertukaran data yang aman dan kredibel yang menjadi salah satu topik DEWG.

“Kami juga berharap segera melakukan pertemuan kelanjutan untuk membahas kerjasma teknoogi komunikasi dan informasi di antara kedua negara,” kata Stefan.

Dengan Singapura, Menkominfo Johnny memaparkan pembicaraannya dengan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Josephine Teo terkait soal isu-isu prioritas di DEWG, serta tentang perkembangan ekonomi digital di kawasan ASEAN.

Terutama terkait sektor digital dari hulu hingga hilir, termasuk e-commerce dan data manajemen.

Isu lainnya terkait pembahasan Information and Communication Joint Committee Meeting (ICJC) kesembilan yang bakal berlangsung bulan November nanti. Serta

poin-poin pembahasan terkait perluasan perjanjian kerjasma digital seperti pengembangan teknologi seperti kecerdasan buatan, blockchan dan lainnya. Serta berbagi pengalaman dalam pengembangan ekonomi digital selama pandemi dan cara mengatasinya.

“Kami senang diundang Indonesia di DEWG Ministry Meeting,” ucap Josephine.

Sedangkan beberapa negara yang mengadakan pertemuan dengan Johnny G Plate adalah dari India, Belanda, Spanyol, Inggris dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×