kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Jadwal dan Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng di Cekbansos.kemensos.go.id


Senin, 11 April 2022 / 03:50 WIB
Inilah Jadwal dan Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng di Cekbansos.kemensos.go.id


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng. Simak jadwal penyaluran dan cara cek penerima BLT minyak goreng.

Dilansir dari Kompas.com, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, BLT minyak goreng termasuk dalam bansos pangan Kementerian Sosial dan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BTPKLWN) oleh TNI dan Polri. Susi menambahkan, penyaluran BLT minyak goreng bisa dilakukan mulai pekan depan usai revisi dokumen teknis selesai. "Kami rakor untuk revisi dokumen teknis administrasi, mulai dari pedoman umum, dokumen penganggaran, dan lain-lain," kata Susi.

"Targetnya, minggu depan sudah selesai. Mudah-mudahan sudah mulai bisa disalurkan TNI dan Polri," imbuhnya.

Susi menegaskan, BLT minyak goreng harus disalurkan sebelum hari raya Idul Fitri 1443 H sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam arahannya, Jokowi meminta penyaluran BLT minyak goreng paling lambat seminggu sebelum Lebaran 2022.

Oleh sebab itu, Susi menuturkan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) teknis dengan TNI dan Polri yang akan menyalurkan BLT minyak goreng kepada masyarakat. Dia melanjutkan, rakor juga dilakukan bersama Kemenkeu dan K/L terkait untuk mendorong percepatan penyaluran BLT.

"Program BLT minyak goreng sudah harus tersalurkan pada Ramadhan. Paling lama, kalau bisa satu minggu sebelum Idul Fitri. Artinya, kedua program ini harus betul-betul cepat penyalurannya," ujar Susi.

Baca Juga: Penyaluran Bansos Bisa Menambah Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga

Adapun penyaluran BLT minyak goreng dari rumpun bansos pangan Kemensos akan menargetkan 20,65 juta KPM, yang terdiri dari 18,8 juta penerima BPNT Kartu Sembako dan 1,85 penerima yang tidak menerima BPNT.

Sementara itu, dari rumpun BT-PKLWN akan menyasar 2,5 juta PKL dan pemilik warung, terutama PKL dan warung makanan atau gorengan di 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

Nantinya, setiap KPM akan menerima bantuan Rp 100.000 per bulan selama 3 bulan, yang bakal diberikan sekaligus sebesar Rp 300.000 pada bulan April 2022. Perhitungan total pemberian tersebut menggunakan asumsi kebutuhan minyak goreng 0,32 liter per minggu berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dengan begitu, satu KPM yang terdiri dari empat orang anggota keluarga membutuhkan minyak goreng sekitar 1 liter per bulan. "Sehingga besarannya kira-kira Rp 100.000 dikali tiga bulan atau Rp 300.000," pungkasnya.

Cara cek penerima BLT minyak goreng

Bansos BLT minyak goreng ini akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan. BLT minyak goreng itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

Bansos BLT minyak goreng akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bansos BLT minyak goreng diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima bansos BPNT atau Bantuan Kartu Sembako, ada baiknya untuk mengecek secara langsung melalui 3 cara yang dimungkinkan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut cara cek penerima bansos yang disalurkan Kementerian Sosial

1. Cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara yang pertama cek penerima bansos 2022 adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

  • Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".

2. Cara cek penerima BPNT 2022 di aplikasi Cek Bansos

Cara cek BPNT 2022 kedua adalah melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di PlayStore atau AppleStore. Cara cek penerima BPNT 2022 di aplikasi Cek Bansos sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi sudah terunduh dan terpasang di ponsel
  • Anda Pilih menu "Cek Bansos"
  • Masukkan data diri seperti wilayah dan nama sesuai KTP
  • Klik "Cari Data"
  • Periksa data yang akan dimunculkan untuk mengetahui apakah Anda termasuk salah satu penerima BPNT 2022.

3. Cara cek penerima BPNT 2022 di kantor Dinsos

Cara terakhir untuk cek penerima BPNT 2022 adalah dengan mendatangi kantor Dinas Sosial setempat. Di sana, Anda bisa menanyakan pada petugas, apakah Anda terdaftar dalam DTKS dan termasuk penerima BPNT 2022 atau Bantuan Kartu Sembako.

Demikian informasi tentang penyaluran bansos BLT minyak goreng dan cara cek melalui Cekbansos.kemensos.go.id. Jika Anda salah satu penerima bansos BLT minyak goreng, gunakan dana bantuan itu sesuai fungsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×