kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Kriteria Kandidat Gubernur Bank Indonesia (BI) Versi Ekonom


Kamis, 02 Februari 2023 / 19:45 WIB
Ini Kriteria Kandidat Gubernur Bank Indonesia (BI) Versi Ekonom
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berjalan saat akan menyampaikan keterangan pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (19/1/2023). Ini Kriteria Kandidat Gubernur Bank Indonesia (BI) Versi Ekonom.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo akan berakhir pada Mei tahun ini. Digadang-gadang Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melayangkan nama-nama kandidat Gubernur BI kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) pada minggu ketiga Februari ini.

Meski begitu, sederet nama muncul sebagai kandidat pengganti Bos BI dan ramai diperbincangkan. Sebut saja, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa hingga Perry Warjiyo sendiri.

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menilai bahwa Perry Warjiyo berpotensi untuk terpilih kembali sebagai Gubernur BI. Hal ini lantaran, Piter melihat kinerja Perry cukup baik saat menjalankan tugasnya sebagai Bos BI.

Baca Juga: Terkait Calon Gubernur BI, Ini Kata Ketua Banggar DPR

"Pak Perry sangat mungkin untuk dipilih kembali. Kinerja pak Perry saya kira cukup baik," ujar Piter kepada Kontan.co.id, Kamis (2/2).

Pun dengan Sri Mulyani Indrawati, Piter melihat bahwa wanita yang saat ini bertugas sebagai bendahara negara tersebut juga layak untuk menjadi gubernur BI.

Siapa pun yang akan mengisi posisi gubernur BI, Piter mengatakan bahwa kriteria colon gubernur BI haruslah sosok yang menguasasi sepenuhnya tentang perekonomian Indonesia. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Perlu Kajian Mendalam Soal Usulan Penghapusan Jabatan Gubernur

Selain itu, calon gubernur BI juga sebaiknya memiliki pengalaman yang cukup baik di bidang moneter maupun bidang-bidang lainnya lantaran peran BI dalam perekonomian nasional sangat besar.

"Yang memenuhi kriteria saya kira cukup banyak, baik internal BI maupun eksternal. Dari internal ada pak Perry, pak Doddy, pak Donni. Sementara dari eksternal BI ada ibu Sri Mulyani," kata Piter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×