kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia, nama calon menteri idaman pengusaha


Minggu, 24 Agustus 2014 / 17:43 WIB
Ini dia, nama calon menteri idaman pengusaha


Reporter: Agus Triyono | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Dalam waktu tidak lama lagi pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo- Jusuf Kalla akan menunjuk sejumlah orang yang akan menempati pos menteri di kabinet pemerintahan mendatang. Kalangan pengusaha, khususnya mereka yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Pribumi (HIPPI) berharap agar Jokowi- JK bisa memilih menteri di 15 pos kementerian di bidang ekonomi dari kalangan profesional.

Sarman Simanjorang, Ketua DPD Hippi Jakarta mengatakan, menteri dari kalangan professional diperlukan karena ke depan tantangan yang dihadapi oleh ekonomi Indonesia akan semakin kompleks. “Tantangan itu harus dihadapi oleh orang yang punya visi misi tinggi, tidak gampang diintervensi kepentingan partai , punya integritas, dan professional tidak boleh tidak,”kata Sarman kepada KONTAN Minggu (24/8).

Sarman mengatakan, ada beberapa calon yang memenuhi kriteria yang disebutkannya tersebut, dan akan diajukan oleh Hippi kepada Jokowi- JK Kamis (28/8) mendatang. Pertama, Chairul Tanjung (CT) yang saat ini menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sarman bilang, CT layak untuk dipilih kembali menjadi menteri kiordinator bidang perekonomian. Alasannya, selama beberapa bulan menjadi menteri coordinator bidang perekonomian, CT telah berhasil membawa perbaikan dalam bidang ekonomi. Salah satunya, gebrakan dalam bidang perijinan investasi dan menghilangkan hambatan di pelabuhan. “Empat bulan ini kelihatan perbaikan, salah satu yang terlihat adalah rencana pelaksanaan aturan mengenai penggunaan rupiah dalam transaksi pelabuhan, itu adalah salah satu contoh,” katanya.

Figur kedua , M. Lutfi, Menteri Perdagangan. Sarman berharap, Jokowi- JK mau kembali menunjuk Lutfi menjadi menteri perdagangan karena dia dinilai telah berhasil menjaga keseimbangan antara pasokan kebutuhan dan permintaan barang kebutuhan pokok sepanjang lebaran kemarin. Alhasil, gejolak harga barang pokok tetap terjaga kestabilannya.

Figur ketiga, Chatib Basri yang saat ini menjabat Menteri Keuangan. Sarman mengatakan bahwa Chatib Basri adalah salah satu menteri SBY yang memiliki kinerja bagus dank arena itu layak dipertahankan menjadi menteri keuangan. “Selain tokoh tersebut, Suryo Bambang Sulisto, Erwin Aksa, Sandiaga Uno, Mahendra Siregar, James Riyadi, Ilham Habibie, Faisal Basri, Aviliani, Bustanul Arifin juga layak untuk ditunjuk jadi menteri di 15 kementerian tersebut,” kata Sarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×