kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia - Prancis Bahas Kerjasama 3 Proyek Transformasi Digital


Rabu, 21 September 2022 / 12:00 WIB
Indonesia - Prancis Bahas Kerjasama 3 Proyek Transformasi Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate . Indonesia - Prancis Bahas Kerjasama 3 Proyek Transformasi Digital.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri Prancis Olivier Becht.

Johnny mengatakan, pertemuan tersebut membahas tiga proyek transformasi digital. Pertama, perkembangan proyek Satria 1 yang dibiayai pemerintah Prancis dan disupply teknologi dari perusahaan Perancis Thales Alenia Space.

Kedua, membahas mengenai government cloud atau pusat data nasional yang juga dibiayai pemerintah Prancis dengan kontraktor dari Prancis.

Baca Juga: Ini Alasan Menkominfo Johnny Plate Ganti Nomor Ponsel Pakai Nomor Amerika Serikat

"Yang saat ini memasuki tahap tahap akhir pembahasan pembiayaan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita dapat melakukan mengawali konstruksi dengan melakukan ground breaking," ujar Johnny usai pertemuan, Rabu (21/9).

Ketiga, membahas terkait digitalisasi pertelevisian (digital broadcasting). Rencananya hal tersebut akan melibatkan TVRI yang merupakan lembaga penyiaran publik.

"Kita untuk TVRI yang disebut digital broadcasting dibiayai oleh pembiayaan pemerintah pPrancis dan didukung oleh teknologi pPrancis yang saat ini masuk tahap akhir diskusi teknis menyangkut kontrak," jelas Johnny.

Lebih lanjut Johnny mengatakan, pertemuan tersebut juga menjajaki kerjasama pengadaan satelit. Dia menyebut, saat ini kapasitas yang dimiliki Indonesia baru 230 Gigabyte per second.

Baca Juga: Sejak 2019, Pemerintah Telah Tangani 67 Laporan Pelanggaran Perlindungan Data Pribadi

Sementara kebutuhan satelit Indonesia mencapai 1 Terabyte per second. Artinya masih ada sekitar lebih dari 700 Gigabyte per second.

"Pemerintah Perancis sangat ingin memberikan dukungan untuk pengadaan ketersediaan layanan satelit untuk kebutuhan transformasi digital secara khusus infrastruktur hulu digital Indonesia," ujar Johnny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×