kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,22   4,89   0.54%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia komitmen turunkan emisi gas karbon 26%


Selasa, 31 Maret 2015 / 20:00 WIB
Indonesia komitmen turunkan emisi gas karbon 26%


Reporter: Handoyo | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pemerintah Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk memperbanyak green jobs (pekerjaan yang ramah lingkungan) di semua sektor pekerjaan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Bahkan Indonesia pun menargetkan penurunan emisi gas karbon sebanyak 26% pada tahun 2020. Upaya pencapain target ini dilakukan melalui asistensi dan kerjasama internasional yang menargetkan penurunan total emisi karbon dunia sebesar 41% tahun 2020.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan pelaksanaan gerakan green jobs ini dilakukan dengan menggalang dukungan dari pekerja dan pengusaha di berbagai perusahaan yang berada di kawasan - kawasan industri.

“Kita prioritaskan gerakan green jobs di lingkungan kerja untuk menciptakan perluasan kesempatan kerja sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan dan membantu perekonomian nasional,” kata Hanif, Selasa (31/3).

Hanif mengatakan pada prinsip dasarnya green jobs adalah bagimana melakukan pekerjaan dengan memperhatikan lingkungan, sadar terhadap Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta memberikan dampa perekonomian yang baik.

“Dengan pelaksanaan green jobs diharapkan memastikan terjadinya pertumbuhan perenomian nasional yang berdampak positif namun berwawasan lingkungan serta menyediakan pekerjaan yang layak (decent work for all) bagi semua,” kata Hanif.

Dikatakan Hanif, pelaksanaan green jobs di Indonesia saat ini sudah dalam tahap mendesak. Pencemaran lingkungan pemansan global , penebangan hutan perusakan lingkungan oerambahan hutan sudah dalam tahap meresahkan dan harus dihentikan.

“Gerakan green jobs ini harus dilakukan secara sinergi dengan melibatkan lintas kementerian dan instansi terkait, pemda, asosiasi dan serikat pekerja/serikat buruh,LSM, akademisi , pemerhati lingkungan dan pihak-pihak terkait lainnya,“ kata Hanif.

Terkait dengan pengurangan emisi karbon syang hendak dicapai dalam pelaksanaan green jobs, Hanif mengatakan pihaknya optimis dapat mencapai target pnurunan emisi karbon sebanyak 26 persen pada tahun 2020.

“Targetnya memang cukup luar biasa. Oleh karena itu kami tingkatkan koordinasi lembaga Tripatit dengan melibatkan unsur pemerintah, pengusha dan pekerja untuk melaksanakan green jobs dan mengurangi emisi karbon,” kata Hanif.

Langkah-langkah green Jobs dalam mengurangi emisi karbon antara lain adalah pekerjaan layak yang meliputi aspek pengurangan konsumsi energi dan penggunaan material mentah (raw material)
pembatasan pengeluaran emisi gas rumah kaca, minimalisasi sampah (waste) dan polusi
Perlindungan dan perbaikan ekosistem.

“Diperlukan gerakan kampanye green jobs kepada masyarakat umum untuk menggalang dukungan. kampanye ini dapat dikaitkan dengan pelaksanaan peningkatan green produktivitas sehingga menguntungkan pekerja maupun pengusaha,” kata Hanif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×