kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia kirim bantuan hibah penanganan Covid-19 ke India


Rabu, 12 Mei 2021 / 16:40 WIB
Indonesia kirim bantuan hibah penanganan Covid-19 ke India
ILUSTRASI. Menlu Retno Marsudi memberikan keterangan saat kedatangan batch kedua vaksin jadi AstraZeneca di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (26/4/2021) malam.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Republik Indonesia mengirim sejumlah bantuan untuk membantu penanganan Covid-19 di India. Bantuan dikirimkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pengiriman bantuan tersebut menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia.

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia pada siang hari ini pukul 14.00 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers, Rabu (12/5).

Bantuan kemanusiaan yang akan diberikan pada kesempatan ini adalah 200 unit oxygen concentrators. Sebelumnya, pada Senin (10/5), pemerintah beserta asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oxygen cylinders ke India.

Baca Juga: Vaksin Sinovac disebut sangat efektif di Indonesia, bagaimana di negara lain?

Retno bilang kebutuhan penanganan Covid-19 di Indonesia akan terus dipantau oleh pemerintah Indonesia. India dinilai menjadi partner penting serta memiliki hubungan baik dengan Indonesia.

India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin dalam kerangka multilateral melalui Covax Facility. Retno berujar bahwa Indonesia bersyukur atas dukungan India pada masa pandemi ini.

"Sekarang saatnya untuk menunjukkan dukungan kita. Indonesia akan bersama dengan India di masa sulit ini. Kita berkomitmen untuk berbagi beban dengan masyarakat India," terangnya.

Dalam acara tersebut, Menlu Retno secara simbolis menyerahkan oxygen concentrators kepada Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti. Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut yaitu Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Selanjutnya: Ancol tetap buka saat libur Lebaran, tapi ada aturannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×